Sejarah Ulek Mayang, Tarian Mistis dari Negeri Sebrang

Sejarah Ulek Mayang – Ulek Mayang adalah sebuah tarian tradisional dari Melayu yang lebih tepatnya berasal dari negeri Terengganu, Malaysia. Tarian ini merupakan sejenis tarian yang diyakini sebagai tarian penyembahan, dimana dalam penampilannya sendiri diiringi dengan orkestra Melayu yang terdiri dari alat musik Gendang, Gong, Biola serta Akordion[src].

Sejarah Ulek Mayang

sejarah ulek mayang
Ilustrasi sejarah ulek mayang

Ada banyak versi sejarah Ulik Mayang ini, salah satu dari versi tersebut mengatakan bahwa tarian sudah ada dan terawat sejak lama yang dilakukan oleh seorang Bomoh (di Indonesia dikenal dukun) pada seorang nelayan yang saat itu Sukmanya ikut ke dimensi lain karena terpesona oleh putri laut yang jatuh hati kepadanya.

Upaya dari dukun ini ternyata tidak semulus kedengarannya, hal ini menyebabkan sang putri memanggil 5 saudari lainnya untuk adu kekuatan dengan bomoh tersebut. Pertarungan hebat antara dukun dan 6 putri menyadari kenakalan adik-adiknya, putri ke-7 yang lebih cantik dan bijaksana mengembalikan kesadaran nelayan ke asal. Dengan terjadinya hal tersebut, bomoh dan nelayan tadi memberikan sesembahan berupa nasi kepada sang putri.

Sejarah Lagu Ulek Mayang

Selanjutnya kita menilai dari lagunya, lagu Ulek Mayang sendiri terbilang lagu unik yang mengiringi tarian ini. Lagu Ulek Mayang diyakini memiliki makna lain dalam penggunaannya, selain dipercaya sebagai lagu untuk melakukan persembahan, lagu ini juga memiliki irama yang bisa dikatakan cukup seram. Namun, ada beberapa modifikasi dan juga aransemen ketika orang membawakan lagu tersebut.

sejarah lagu ulek mayang
Ilustrasi sejarah lagu ulek mayang

Tahukah anda! Bahwa, menurut beberapa sumber, Mayang merupakan nama sebuah bunga pokok kelapa yang dimanfaatkan untuk mengusir makhluk halus

Lagu ini diyakini berasal dari Terengganu. Menurut cerita asal usulnya, selalu ada hal-hal yang berbau mistis seperti suasanya yang tegang atau bahkan adanya “kemasukan”. Jika anda menyaksikan acara televisi di Malaysia, akan ada beberapa acara horor yang menggunakan lagu ini yang seakan menjadi simbol akan hal-hal berbau mistis.

Lirik Lagu Ulek Mayang

Di era modern seperti sekarang, Ulek Mayang hanya digunakan sebagai pengiring kesenian tradisional daerah yang masih aktif di beberapa lokasi seperti di Kuala Terengganu. Iring-iringan Ulek Mayang ini dimainkan menggunakan Mayang Pinang.


Saat ini, Ulek Mayang hanya digunakan sebagai sarana hiburan semata tanpa mengandung unsur-unsur yang bersifat mantera atau-pun unsur khurafat. Bahkan, kesenian ini biasanya hanya berlangsung sebentar saja (antara 10 hingga 15 menit). Dalam pementasannya, diceritakan ada tujuh puteri yang sedang mengobati seorang laki-laki yang terkena sampuk.

Sejarah Ulik Mayang adalah salah satu sejarah yang cukup terkenal di tanah Malaysia. Untuk anda para pembaca, silahkan percaya atau tidak percaya-pun tak apa dikarenakan ini merupakan salah satu sejarah yang mungkin ceritanya baru bisa kita dengar pada kemudian hari.

Tags: