Sejarah Tenis Meja Lengkap, Dari 1900 Hingga Sekarang

Sejarah tenis meja – Tenis meja atau yang dikenal dengan sebutan Ping-Pong yang padahal ini adalah merk dagang, adalah suatu olahraga yang memanfaatkan raket untuk dimainkan 2 orang secara tunggal ataupun pasangan (bisa solo 1v1 atau ganda 2v2) yang saling berlawanan.

Permainan tenis meja menggunakan alat pemukul bernama raket yang terbuat dari papan kayu yang pada bagian tertentunya dilapisi dengan karet yang disebut dengan bet, bola dan tentunya lapangan yang berwujud sebuah meda yang biasanya di warnai hijau dan diberikan pola garis.

sejarah tenis meja
Gambar sejarah tenis meja

Sesuai dengan sejarah perkembangan tenis meja dalam beberapa literatur, Induk dari Olahraga tenis meja di Indonesia ini adalah PTMSI atau Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia dan menurut sumbersejarah tenis meja di dunia bahwa, Induk tenis meja di dunia adalah International Table Tennis Federation, disingkat ITTF yang beranggotakan hingga 217 negara (termasuk PTMSI)[src].

Sejarah Tenis Meja

Oke, marilah kita mulai untuk membahas sejarah tentang tenis meja. Tenis meja merupakan salah satu kegiatan olahraga yang cukup populer di Republik Rakyat Tiongkok atau Cina, dan di negeri sana olahraga ini memiliki nama resmi, yaitu pingpang qiu atau bola ping pong.

1. Sejarah Olahraga Tenis Meja

Awal mula dari sejarah olahraga tenis meja dulunya dimulai pembuatannya di Inggris sekitar abad 19an, olahraga ini dimainkan oleh orang kelas atau salah satu kegiatan indoor selepas makan malam. Tenis meja memiliki beberapa nama lain, salah satu namanya adalah Whiff-Whaff

Dulunya, olahraga ini menggunakan barisan buku yang disusun rapi ditengah meja yang berfungsi sebagai net, dan menggunakan 2 buku lainnya untuk digunakan sebagai alat pemukulnya, bola yang digunakan juga adalah bola golf. Nama “Ping-Pong” sendiri digunakan di hampir tiap negara sebelum akhirnya perusahaan Inggris J. Jaques & Son Ltd menggunakan nama ini sebagai merek dagang mereka pada 1901.

Teknik marketing ini kemudian dimafnaatkan untuk membearkan permainan yang dimainkan dengan peralatan yang dibuat Jaques, sementara perusahaan lainnya menyebutnya “tenis meja” karena “ping-pong” telah menjadi merek dagang.

2. Sejarah Bola Tenis Meja

Perkembangan yang berimpact besar selanjutnya adalah inovasi yang dilakukan oleh James W. Gibb selaku pemain tenis meja. Ia menemukan bola seluloid dalam perjalanannya menuju Amerika Serikat pada tahun 1901 yang menurutnya cocok digunakan dalam permainan. Hal ini juga diikuti E.C. Goode yang menciptakan raket dengan menggunakan karet di tahun yang sama.

sejarah tenis meja lengkap
Gambar atlit tenis meja jaman dulu

Versi modern dari raket ini memiliki selembar karet yang diberi bintik pada kayu yang telah diasah. Permainan tenis meja inipun akhirnya mulai terkenal pada awal abad 19 dikarenakan pengadaan turnamen dimana-mana dan juga banyak buku yang menulis tentang olahraga ini dan juga adanya kejuaraan tingkat dunia yang tak resmi pada tahun 1902.

Sebelum permainan ini menjamur, pada tahun 1900, di Negara Russia timbul sebuah aturan yang intinya mengatakan bahwa permainan tersebut dilarang. Penguasa pada waktu itu yakin dan percaya bahwa dengan memainkan tenis meja akan berimbas pada penglihatan pemain.

3. Tahun Penting Sejarah Tenis Meja Dunia

  • Tahun 1921, TTA atau Asosiasi Tenis Meja dibentuk di Inggris, disusul dengan Federasi Tenis Meja Internasional atau ITTF pada tahun 1926.
  • Tahun 1926, London menjadi tuan rumah dari Kejuaraan Dunia pertama yang bersifat resmi
  • Tahun 1930, seorang jurnalis dan penulis buku Edgar snow berkomentar di Red Star Over China yang mengatakan bahwa pihak komunis pada perang saudara cina memiliki “hasrat” untuk tenis meja yang berasal dari Inggris, yang patut dipertanyakan.
  • Tahun 1950-an, penemuan raket yang menggunakan karet digabung dengan spons membawa pengaruh besar dalam permainan dikarenakan mampu meningkatkan kecepatan dan perputaran bola. Hal ini diperkenalkan oleh perusahaan alat olahraga Inggris, yaitu S.W. Hancock Ltd.

Permainan Tenis Meja

1. Permainan tunggal

  • Bola mati memiliki nilai 1 poin
  • Servis permainan bergantian setiap mencapai poin kelipatan 2
  • Pelaku servis bebas untuk menempatkan bola di kamar manapun
  • 1 Set permainan berakhir apabila mencapai skor 11 dan akan menang jika menang 3 – 4 set.
  • Apabila deuce terjadi, pemenangnya ditentukan dengan selisih nilai 2 poin.

2. Permainan Ganda

  • Bola mati memiliki nilai 1 poin
  • Servis permainan bergantian setiap mencapai poin kelipatan 2
  • 1 Set permainan berakhir apabila mencapai skor 11 dan akan menang jika menang 3 – 4 set.
  • Apabila deuce terjadi, pemenangnya ditentukan dengan selisih nilai 2 poin.
  • Pemegang service hanya boleh memukul bola ke ruang kamar kanan lawan.

3. Peralatan Tenis Meja

Raket

  1. Ukuran, bentuk dan berat raket tidak ditentukan secara pasti, tapi daun raket kaku dan datar
  2. 85% bahan pada baguan daun raket terbuat dari kayu yang telah diukur ketebalannya
    • Lapisan perekat kayu dapat diperkuat jika ditambah dengan bahan berserat serperti serat karbon, kaca atau kertas yang dipadatkan
  3. Sisi daun raket yang digunakan untuk memukul haruslah ditutupi dengan karet licin, tapi jika ingin menggunakan raket tanpa spons, maka ketebalan karet berbeda dan ada ukurannya sendiri.
  4. Pada awal permainan dan kapan waktu pemain bertukar raket, seorang pemain harus memberikan raketnya pada lawan untuk memeriksa atau mencobanya terlebih dahulu.

Bola

Bola yang digunakan dalam permainan tenis meja memiliki diameter 40 mm dan berat sekitar 2,7 gr dan warnanya biasanya putih atau oranye yang terbuat dari bahan selulosa ringan.

Pantulan bola yang digunakan haruslah baik, jika dijatuhkan dari ketinggian setinggi penggaris (30, 5cm) akan menghasilkan pantulan sekitar 23 – 26 cm.

Pada bola tenis meja juga biasanya ada tanda bintang (bintang 1 sampai bintang 3). Maksud dari bintang ini adalah kualitas dari bola yang digunakan, seperti halnya bola dengan bintang 3 yang berarti kualitas tertinggi yang juga digunakan pada turnamen resmi.

Meja (Lapangan)

sejarah tenis meja di dunia
Gambar ukuran meja tenis meja

Ukuran meja lapangan tenis meja

  • Panjang dan lebar meja : 274 cm dan 152,5 cm
  • Tinggi meja dari lantai lapangan  76 cm
  • Tebal garis sisi : 2 cm
  • Luas : 4,1785 meter persegi

Ukuran tiang net dan jaring net tenis meja

  • Panjang net : 183 cm
  • Lebar/tinggi net : 15,25 cm
  • Jarak meja ke Tiang : 15,25 cm

Dari segi lapangan juga sudah diukur secara seksama, dengan menggunakan meja khusus yang berbentuk persegi panjang. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa melihatnya langsung pada gambar tersebut.

Demikian artikel sejarah tenis meja lengkap versi duniasejarah.com dan tentunya semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca yang sedang mencari sumber referensi untuk makalah sejarah tenis meja Indonesia-nya, Terimakasih.

Tags: