Sejarah Sebagai Peristiwa, Teknik Melihat Sebuah Sejarah

Sejarah sebagai peristiwa – Apa itu sejarah? Menurut saya, sejarah adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada masa yang telah lalu, sejarah sebagai peristiwa merupakan sebuah sejarah yang sebagaimana terjadinya atau disebut History Realite. Tidak semua peristiwa yang terjadi di masa lampau dianggap sebagai sebuah sejarah. Sebuah peristiwa dianggap sejarah apabila moment tersebut dapat dikaitkan dengan kejadian yang lain dan menjadi sebuah proses.

Sejarah Sebagai Peristiwa

Dari kejadian-kejadian lampau yang telah terjadi, kita dapat menelaah dan mengetahui sebab akibat dari terjadinya  sebuah peristiwa. Tanpa memperhitungkan besar ataupun kecilnya sebuah peristiwa dalam ruang lingkup yang kita tempati disekitar manusa lainnya, ilmu sejarah berusaha untuk merangkai peristiwa yang terjadi menjadi sebuah cerita yang urut dari kehidupan dahulu sampai sekarang, bahkan mungkin memprediksikan kejadian yang akan datang

Melihat Sejarah Sebagai Peristiwa

Pada dasarnya objektivitas atau objektif sebuah sejarah sebagai peristiwa pada hal yang berkaitan dengan kejadian yang benar-benar terjadi. Kejadian demi kejadian tersebut saling terhubung dan seakan membuat sebuah kisah “sebab akibat” yang menyebabkan sebuah peristiwa bisa terjadi. Hubungan antar peristiwa ini sangat mungkin untuk masuk dalam waktu, tempat, pelaku yang sama.

sejarah sebagai peristiwa
Gambar sejarah sebagai peristiwa

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi sebuah sejarah dipandang sebagai “sejarah sebagai peristiwa“, yaitu:

  • Unik (Unique). Definisi dari unik disini adalah, jika ada sebuah sejarah yang anda alami, kejadian tersebut hanya anda alami selama satu kali saja selama anda hidup. Hal serupa tidak akan bisa anda ulangi kembali, meskipun anda mencoba untuk mengulanginya, rasanya tidak akan sama lagi
  • Penting  (Important). Sebuah kenangan sejarah dapat dikatakan penting dikarenakan kejadian tersebut memiliki arti penting dan mungkin dapat berpengaruh pada kehidupan seseorang atau orang banyak.
  • Abadi (Timeless) Sebuah peristiwa yang telah terjadi tidak dapat diubah, sama seperti kata-kata yang tak bisa ditarik setelah terucap. Apa yang telah terjadi, makan tidak akan berubah ataupun diubah. Sebuah peristiwa sejarah akan tetap menjadi kenangan sejarah selama-lamanya.

Berbagai peristiwa yang telah terjadi pada masa yang lalu menjadi sebuah objek yang sangat penting apabila kita membahasnya dalam konteks ilmu sejarah sebagai peristiwa. Dengan mempelajari ilmu sejarah, seseorang akan memiliki kemampuan meskipun sedikit untuk melihat gambaran tentang kehidupan manusia di masa lalu.

Sejarah sebagai peristiwa yang sudah terjadi pada masa lalu tidak akan mengizinkan kita untuk melakukan pengamatan peristiwa tersebut, bahkan hanya untuk 3 detik saja. Apa yang kita amati saat ini adalah sebuah sejarah, sebuah penelaahan hasil sejarah sebagai peristiwa.

Pandangan Tokoh tentang Sejarah sebagai peristiwa

Seorang tokoh bernama Wilhelm Dilthey[src] atau Dithley menambahkan pemahamannya bahwa secara imajinatif, seseorang mampu menjadikan fakta sejarah lebih hidup dan lebih berarti. Itulah mengapa, menurut George Macauly Travelyan menuturkan dalam penulisan sebuah kisah sejarah, haruslah menggunakan bahasa yang indah, menarik, komunikatif dan isinya mudah untuk dipahami.

sejarah sebagai peristiwa wilhelm dilthey
Gambar sejarah sebagai peristiwa wilhelm dilthey

Tidak semua peristiwa yang terjadi kepada kita dapat dikatakan sebagai sejarah, hanya beberapa hal yang “mengena” di hati kita bahkan tak semua dapat dijadikan contoh sejarah sebagai peristiwa yang absolut. Sebuah realita sejarah dapat kita ketahui melalui bukti peninggalan sejarah yang dapat menjadi saksi / saksi bisu sebuah peristiwa yang telah terjadi.

Tahukah Anda! Ilmu seni sangat diperlukan dalam penulisan sebuah naskah sejarah sehingga terciptalah sebuah peristiwa sejarah yang mudah untuk dipahami secara lengkap, menarik, urut dan tidak membuat kita merasa bosan. DuniaSejarah.com

Disinilah tantangan daripada seorang sejarawan yang mau tidak mau merangkap posisinya menjadi ahli seni demi menghidupkan kembali kisah masa lalu yang terjadi, masa sekarang, dan prediksi yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang. Dalam mempelajari ilmu sejarah sebagai peristiwa, selain ada elemen ilmiah, ada juga sedikit ilmu yang mengandung elemen seni.

Syarat Peristiwa Menjadi Sejarah

Seperti yang sudah saya sindir sebelumnya diatas bahwa tidak semua kejadian yang telah berlalu dapat dijadikan sebuah contoh sejarah sebagai peristiwa.

Pemahaman tentang sejarah sebagai peristiwa dan contohnya menurut saya se-simple ini, ada beberapa hal yang tidak mudah untuk dilupakan (seperti rasa malu) dan ada hal yang bahkan “tidak penting” secara “tidak sengaja” selalu ada di pikiran kita, meskipun kita mencoba mengingat tentang hal lain

Oleh karena itu, beberapa hal dibawah ini mungkin dapat dijadikan sedikit pemahaman, mengapa sebuah peristiwa dapat dikatakan sebuah sejarah, antara lain:

  1. Kejadian pada masa lalu tersebut berhubungan dengan kehidupan manusia, baik secara individu maupun orang sekitar (kelompok / golongan)
  2. Adanya kesinambungan antara peran dimensi ruang dan waktu (where dan when)
  3. Adanya hukum sebab-akibat yang berlaku dalam peristiwa tersebut
  4. Memiliki keterkaitan dengan peristiwa lainnya

Jika anda menemukan sebuah potongan kenangan di pikiran anda dan tidak cocok dengan beberapa hal di atas juga bukan berarti hal tersebut tidak disebut kenangan. Hal ini lebih menuju ke “pemikiran” masing-masing individu, apakah anda akan mengkategorikan potongan tersebut kedalam rangkaian file sejarah dalam pikiran anda atau anda ingin buang pemahaman tersebut sebagai kenangan saja.

Tags: