Sejarah Permainan Bola Voli, Referensi Sejarah Relevan

Sejarah Permainan Bola Voli – Bola Voli merupakan permainan olahraga yang dilakukan oleh dua kelompok / grup yang saling berlawanan. Masing-masing dari grup memiliki 6 orang pemain (tak terhitung pemain cadangan). Tetapi ada juga variasi lain dalam hal anggota, layaknya permainan voli pantai yang hanya menggunakan 2 orang pemain. Permainan ini masuk dalam pengawasan FIVB yang menjadi induk organisasi Internasional.

Di Indonesia, pihak yang menaungi permainan bola voli adalah PBVSI yang merupakan singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia[src].

Sejarah Permainan Bola Voli

Pada awalnya, permainan bola voli ini dikenal dengan nama “Minotnette”, sebuah olahraga kecil yang pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur olahraga (pendidikan jasmani) yang bernama William G. Morgan di YMCA (Young Men’s Christian Association) pada Februari 1895 di Amerika Serikat. YMCA saat itu merupakan organisasi yang dibentuk dengan tujuan mengajarkan ajaran pokok umat Kristen kepada pemuda.

sejarah permainan bola voli
Potret sejarah permainan bola voli

Organisasi ini didirikan pada 6 Juni 1884 di Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan pencipta olahraga Basket yang bernama James Naismith, Morgan menciptakan olahraga yang bernama Mintonette. Seperti James Naismith, Morgan juga menghabiskan masa hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

Seperti yang bisa kita lihat dalam sejarah permainan bola voli, permainan ini sebenarnya diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa macam karakter permainan olahraga menjadi satu, antara lain bola basket, basenall, hand ball dan tenis. Mulanya, permainan ini hanya diciptakan khusus bagi anggota YMCA sehingga permainan ini tidak seaktif permainan bola basket.

Demonstrasi Bola Voli

Penggantian nama dari Mintonette menjadi Bola Volley (Volley Ball) terjadi pada 1896. Pada awal tahun tersebut, Dr. Luther Hasley Gulick yang merupakan direktur eksekutif  komite pendidikan jasmani Internasional dari YMCA mengundang Morgan dan memintanya untuk melakukan demonstrasi jenis permainan olahraga baru yang ia ciptakan di kampus baru tersebut.

Dalam pertemuan ini banyak instruktur pendidikan jasmani yang menyaksikan demonstrasi dari Morgan. Pada kesempatan itu, Morgan membawa 2 tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Morgan menjelaskan bahwa permainan tersebut sangatlah fleksibel terhadap lokasi, karena bisa dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa.

Tidak ada batasan mengenai jumlah pemain yang menjadi standar permainan, sasaran dari permainan ini adalah bagaimana caranya agar bola teteap bergerak melewati jaring (disebut net) tinggi dan tidak terjatuh di wilayah kita. Siapapun yang menjatuhkan bola tersebut, berarti memberikan poin ke lawan lain.

Sarana Bermain Bola Voli

Seperti layaknya permainan olahraga lainnya, bola voli memerlukan sarana dan prasarana yang baik guna membantu dalam melakukan kegiatan tersebut.

sarana permainan bola voli
Foto sarana dalam sejarah permainan bola voli di Indonesia

Lapangan

Untuk bermain bola voli, kita memerlukan sebuah lapangan yang setidaknya berukuran 9 x 18 meter, dengan garis batas serang untuk pemain belakang 3 meter dari garis tengah. Sedangkan, garis tepi lapangan adalah 5 meter.

Bola

Tentu dalam memainkan permainan ini, kita akan memerlukan Bola voli yang memiliki keliling linkaran sebesar 65 s/d 67 cm, dengan berat maksimal 280 gram. Tekanan bola ini juga diperhatikan dan ada perhitungannya sendiri.

Net

Net merupakan jaring pembatas wilayah musuh dan tim kita, tinggi ukuran jaring ini sekitar 2,5 meter dan untuk putri sekitar 2,3 meter.

Sewaktu melakukan service, kedua regu harus berada di daerah masing-masing yang ditentukan (Pemain nomor 1 disebut server atau orang yang melakukan servis, nomor 2 disebut spiker, pemain ketiga  adalah set upper / tosser dan keempat adalah blocker sedangkan nomor 5 dan 6 merupakan libero).


5 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Permainan olahraga sejenis bola voli memaksa pemainnya dalam kemampuan otak yang prima, terutama jika anda sebagai tosser. Tosser harus memiliki timing dalam mengatur tempo permainan. Tosser juga yang memutuskan apa yang selanjutnya harus dilakukan dengan bola yang didapat, semakin cerdik seorang Tosser semakin “mengerikan” juga teknik yang ia gunakan dalam permainan.

Meskipun begitu, posisi yang lain juga tak kalah penting. Jika anda tertarik dalam mempelajari permainan olahraga voli ini tak ada salahnya mempelajari setidaknya 5 teknik dasar permainan bola voli berikut adalah teknik permainan bola voli dan penjelasannya:

5 teknik dasar permainan bola voli
Ilustrasi 5 teknik dasar permainan bola voli

Teknik servis

Servis yang dilakukan dalam permainan bola voli dulunya hanyalah sebagai sebuah awal dari pertandingan, namun sekaran Servis juga memiliki teknik jika dilakukan untuk menyerang ada macam-macam bentu servis yang bisa kita pelajari bersama, antara lain:

  • Servis tangan atas
  • Servis tangan bawah
  • Cekis
  • Tennis servis
  • Floating servis

Dalam melakukan service hal yang perlu diperhatikan adalah sikap badan dan pandangan, melakukan timing untuk service loncat juga harus mengerti kapan memukul bola.

Teknik passing

Passing dilakukan untuk mengoper bola kepada teman satu tim, biasanya passing dilakukan sesaat setelah menerima spike atau teknik serangan dari musuh, pasing juga kadang tidak dilakukan jika bola yang diterima pas untuk melakukan spike.

Ada 2 macam teknik passing, yakni passing bawah dan passing atas. Hal yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana kita mengambil sikap badan jongkok dengan lutut yang agak ditekuk, sehingga menghasilkan operan yang maksimal.

Teknik smash / spike

Spike merupakan salah satu bentuk serangan yang paling sering digunakan saat melakukan penyerangan untuk memperoleh poin dalam permainan bola voli. Teknik spike merupakan teknik memainkan bola dengan efektif tanpa melanggar peratruan dengan menggunakan pukulan keras yang biasanya cukup “mematikan” ke daerah lawan main.

Teknik block

Block didalam permainan voli dilakukan dalam upaya pencegahan terjadinya pencurian poin dari pihak lawan, block biasanya dilakukan ketika musuh akan melakukan spike, dengan kita meloncat di dekat jaring untuk menghalangi bola yang akan datang dari daerah lawan.

Ada 2 macam jenis block dalam permainan bola voli, yaitu block tunggal dan block ganda. Tunggal dilakukan satu orang saja, sedangkan ganda dilakukan 2 orang. Terdapat kelemahan dari block ganda dikarenakan membutuhkan 2 orang pemain, terkadang juga musuh cerdik dengan melakukan fake sehingga tidak melakukan spike tapi passing.

Teknik rolling

Dalam permainan olahraga, demi sebuah kemenangan biasanya seorang pemain rela menjatuhkan badannya demi memperjuangkan bola agar tidak “kecolongan” poin. Sesekali, pemain harus menjatuhkan badan demi penyelamatan tersebut, untuk mencegah luka atau cidera saat menjatuhkan badan, biasanya pemain tersebut juga kaan melakukan rolling / roll.

Semakin sulit teknik yang digunakan dapat membuat tim musuh menjadi semakin sulit membaca pergerakan lawan anda. Tak jarang beberapa orang juga menganggap bahwa permainan ini lebih dari sekedar game semata dan menganggap serius permainan.


Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Permainan Bola Voli atau Minonette pada jaman dulunya, sebelumnya memiliki tujuan dalam mengembangkan kebugaran fisik dan jasmani para buruh di organisasi tersebut selain melakukan senam. Kemudia, William pun akhirnya melanjutkan ide yang ia temukan tersebut agar dapat dipertandingkan sehingga permainan tersebut menjadi “Volley Ball”

sejarah permainan bola voli di indonesia
Foto sejarah permainan bola voli di indonesia

Bola Voli

Di Indonesia sendiri, permainan bola voli mulai dikenal sejak abad ke-19, Guru-guru pada masa itu didatangkan langsung dari Belanda guna mengembangkan olahraga dan tak terkecuali permainan bola voli ini. Selain melakukannya lewat pembelajaran, para guru dari Belanda tersebut jug aikut memainkan permainan voli tersebut di tempat-tempat seperti lapangan ataupun asrama.

Mereka saling melakukan pertandingan antar kompeni Belanda sendiri, tentunya hal ini bertujuan untuk mengisi kesenggangan waktu pada waktu itu. Perkembangan bola voli sendiri sangat pesat di Indonesia, mulai dari lapisan masyarakat bawah sekalipun, sehingga muncul beberapa klub di kota besar di Nusantara. Pada 22 Januari 1955 didirikanlah PBVSI bersamaan dengan kejuaraan Nasional yang pertama.

Pertandingan Bola Voli

PBVSI yang saat itu aktif dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan baik dalam maupun luar negeri hingga sekarang. Momen yang paling berpengaruh dalam perkembangan bola voli adalah saat menjelang Asian Games IV pada 1962 dan Ganefo I pada 1951 yang saat itu diadakan di Jakarta baik untuk para pria ataupun kaum wanita.

Pertandingan bola voli yang masuk dalam acara resmi PON II 1952 dan POM I 1951 yang masing-masing diadakan di Jakarta dan Yogyakarta, setelah tahun 1962 perkembangan permainan bola voli seperti wabah yang menjamur dimana-mana, banyak klub-klub kecil bersaing untuk menjadi klub bola voli terbaik di berbagai daerah di tanah air.

Sekian artikel tentang sejarah dan teknik dasar permainan bola voli beserta gambarnya, semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca. Permainan Bola voli saat ini seakan menjadi kegiatan belajar mengajar yang lazim disaat materi olahraga atau pendidikan jasmani dilaksanakan di sekolah-sekolah, tentunya kita pernah merasakan bermain bola voli bersama teman-teman sebaya.

Artikel seputar sejarah:

Tags: