Sejarah Munculnya Ilmu Kalam, Kajian Lengkap

Sejarah Munculnya Ilmu Kalam – Pada zaman khalifah Abu bakar dan Umar bin Khattab sekitar abat ke 6 Masehi. Masalah dalam hal keagamaan masih terbilang sedikit termasuk tentang masalah Aqidah. Namun setelah Umar wafat dan Ustman bin affan naik, fitnah-pun mulai timbul. Seorang Yahudi asal Yaman bernama Abdullah bin Saba’ mengaku muslim adalah salah seorang yang menjadi penyulut pergolakan.

Perselisihan di kalangan umat Islam semakin berlanjut di zaman pemerintahan Ali bin Abi Thalib dengan terjadinya perang sadura.

  • Pertama, perang Ali dengan Zubair, Aisyah dan Thalhah yang dikenal dengan perang Jamal.
  • Kedua, perang antara Muawiyah dan Ali yang dikenal dengan perang  Shiffin.

Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh pada perkembangan tahuid. Terlebih, hal semacam inilah yang menjadi salah satu penyebab lahir dan tumbuhnya aliran Teologi dalam ajaran Islam. Ketauhidan di Zaman Bani Umayyah (661-750 M) mengenai masalah Aqidah, telah menjadi perdebatan hangat dikalangan umat muslim. Di zaman inilah lahir aliran Teologi seperti Qadariah, Jabariah, Mu’tazilah dan Murji’ah.

Sejarah Munculnya Ilmu Kalam

Pada waktu zaman Bani Abbas, Filsafat Yunani dan ilmu Sains banyak dipelajari oleh umat Islam. Masalah Tauhid saat itu mendapat tantangan yang berat, kaum Muslim tidak bisa mematahkan argumen filosofis lain tanpa adanya senjata filsafat dan rasional. Sejak itu bangkitlah Mu’tazilahyang mempertahankan ketauhidan dengan argumentasi filosofis tersebut.

sejarah munculnya ilmu kalam
Ilustrasi sejarah munculnya ilmu kalam

Namun sikap dari Mu’tazilah yang terlalu mengagungkan akal pikiran dan membuat pendapat kontroversial membuat beberapa golongan seperti kaum tradisional tidak menyukainya. Akhirnya lahirlah aliran lain yang bernama Ahlussunnah Waljama’ah dengan Abu Hasan Al-Asy’ari dan Abu Mansur Al-Maturidi sebagai tokoh besar yang dikenal.

Awal mulanay adalah dengan membuat sebuah pendapat nalar yang logis untuk melakukan pembunuhan atas ‘Utsm’an atau menyetujui pembunuhan tersebut. Penalaran tersebut tak lain adalah Mengapa ‘Utsm’an boleh dibunuh?. Hal-hal seperti inilah yang mewarnai sejarah perkembangan ilmu Kalam di masa itu.

Mereka beranggapan karena ia berbuat dosa besar berupa tidak adil dalam menjalankan pemerintahan, pa+dahal salah satu perbuatan dosa besar adalah kekafiran. Kekafiran, apalagi kemurtadan, harus dibunuh. Mengapa perbuatan dosar besar merupakan sebuah bentuk kekafiran? Karena dosa kekafiran itu merupakan sikap dari penentangan terhadap Tuhan.

Sejarah Munculnya Aliran Ilmu Kalam

Ilmu kalam, termasuk ilmu yang dikembangkan oleh Al-Asy’ari juga dikecam oleh Hanbali dari segi metodologinya. Masalah lain yang sudah menjadi bahan perdebatan umum dan kontroversial dalam kajian ilmu kalam khususnya dan pemahaman Islam ialah kedudukan penalaran akal terhadap kutipan tekstual, baik itu dari Kitab Suci ataupun Sunna Nabi.

sejarah perkembangan ilmu kalam
Ilustrasi sejarah perkembangan ilmu kalam

Kaum yang dianggap liberal seperti golongan Mut’azilah cenderung mendahulukan akal, dan kaum konservatif khususnya kaum Hanbali cenderung mendahulukan Naql. Dalam persoalan ini, ialah masalah interprestasi. Metode dari Al-Asy’ari cenderung mendahulukan Naql dan membolehkan interprestasi dalam beberapa hal yang memang tidak ada jalan lain lagi.

Sejarah Pemikiran dalam Aliran Kalam

Adanya perbedaan metode berfikir secara garis besar dapat dimasukkan dalam 2 macam kategori, yaitu kerangka berfikir yang rasional dan pemikiran tradisional, Metode pemikiran rasional berprinsip:

  • Hanya terikat pada dogma yang jelas dan tegas disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an dan Hadist Nabi.
  • Memberi kebebasan dalam berbuat dan berkehendak kepada manusia
  • Memberikan daya kuat kepada akal pikiran

Kemudian, adanya metode berfikir tradisional yang memiliki prinsip sebagai berikut:

  • Terikat pada dogma dan ayat-ayat yang memiliki arti Zhanni
  • Tidak memberikan kebebasan dalam berkehendak dan bertindak pada manusia
  • Membarikan daya kecil pada akal

Aliran aliran yang sering disebut memiliki jalan pemikiran Teologi rasional adalah Mu’tazilah dan disisi lain yang sering disebut memiliki metode pemikiran tradisional adlaah Asy’ariyah


Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan kepada teman-teman pembaca tentang sejarah munculnya ilmu kalam semoga adanya artikel ini dapat dijadikan sumber referensi bagi makalah sejarah munculnya ilmu kalam yang mungkin anda butuhkan, terimakasih.

Sumber artikel ini ditulis oleh SYAFIEH YANTI dalam judul artikel “SEJARAH MUNCULNYA ILMU KALAM DAN KERANGKA BERFIKIR ALIRAN-ALIRAN KALAM” yang anda bisa kunjungi disini 

Artikel seputar sejarah:

Tags: