Sejarah Microsoft Word 2007, 2010 Sampai Office 365

Sejarah Microsoft Word – Microsoft Word adalah sebuah nama dari sebuah perangkat lunak atau software yang bergerak di bidang pengolah kata atau word processor dari perusahaan Microsoft. Ms. Word juga merupakan salah satu perangkat lunak andalan buatan mereka.

Menurut informasi tentang sejarah tentang microsoft word yang saya dapatkan, dulunya perangkat lunak pengolah kata ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 yang diberi nama “Multi-Tool Word” untuk sistem operasi Xenix (basis Unix semacam linux) yang lalu muncullan beberapa versi lain untuk berbagai sistem operasi, semisal untuk DOS pada 1983, Apple Mac. pada 1984 dan Windows pada 1989.

Sejarah Microsoft Word

sejarah microsoft word
Gambar sejarah microsoft word

Setelah perubahan namanya dari Multi-Tool Word menjadi Microsoft Word atau Ms. Word, Microsoft mulai menerbitkan versinya untuk IBM PC pada tahun 1983 yang pada masa itu aplikasi pengolah kata sedang dikuasai oleh WordStar dan WordPerfect yang disusul pada rentan tahun 1990-1995 Word yang didedikasikan untuk Sistem Operasi Windows diluncurkan.

Sejarah Perkembangan Microsoft Word

Versi pertama dari aplikasi pengolah kata Word yang dirilis tersebut dihargai sebesar $500 USD. Disusul dengan perlisian Microsoft Windows 3.0 pada tahun berikutnya, penjualan dari perusahaan raksasa ini melonjak naik dikarenakan pada saat itu juga Word for Windows 1.0 sengaja di design untuk Windows 3.0, mungkin ini juga salah satu strategi marketik, mengingat performanya yang kurang maksimal di versi sebelumnya.

Kecerdikan dari marketing Microsoft juga dilihat ketika mereka menunggu hingga akhirnya merilis Word 2.0 untuk memastikan Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata yang memimpin pasar pada saati itu. Sebuah slogan “WYSIWYG” dari Microsoft mematenkan dirinya saat itu yang merupakan program pertama dan satu-satunya yang dapat menampilkan style font miring (italic) dan tebal (Bold). WYSIWYG singkatan dari What you See is What you Get.

Setelah kemunculan Word untuk OS Macintosh resmi dirilis pada tahun 1985, aplikasi tersebut mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat pengguna komputer karena penggunaannya yang seperti Trend pada saat itu. Microsoft juga tidak membuat Word 2.0 untuk Macintosh dikarenakan penyamaan versi dengan Word untuk sistem operasi lainnya.

Sejarah Microsoft Word 2007

Gambar sejarah microsoft word 2007
Gambar sejarah microsoft word 2007

Seiring berjalannya waktu, perangkat lunak pengolah kata ini akhirnya masuk kedalam bagian keluarga besar Microsoft Office System 2003 dan 2007 dengan nama “Microsoft Office Word”. Setelah masuknya Word, beberapa fitur baru-pun bisa dirasakan oleh para pengguna setianya, seperti:

  • Tampilan style sheets yang baru (Quick styles) dan bisa berganti-ganti sheets
  • Merubah font default dari Times New Roman menjadi Calibri
  • Adanya sistem “Word Count” yang menghitung setiap pengguna mengetik
  • Contextual Spellchecker yang berguna untuk menghindari salah pengetikan
  • Translation Tool Tip dalam beberapa bahasa Negara lain, yang bisa juga didapatkan ketika ingin menggunakan Microsoft Office
  • Adanya fitur tambahan untuk Unicode Plain Text Encoding of Mathematics [more…]
  • Fitur media galeri untuk memerbikan cover, Author, Date, Abstract, Title dan lainnya. Cover secara otomatis mengikuti tema yang digunakan.
  • Fullscreen-reading untuk membaca lebih jelas

Microsoft Office yang merupakan induk dari Word 2007 merupakan sebuah perangkat lunak aplikasi yang dirancang khusus deibawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X yang berisi aplikasi perkantoran umum.

Beberapa aplikasi di dalam Office yang cukup terkenal antara lain seprti Excell, Power Point, Word. Dan masih banyak fitur lainnya yang bisa anda temukan di Microsoft 2007.

Sejarah Microsoft Word 2010

sejarah microsoft word 2010
Gambar sejarah microsoft word 2010

Munculnya Microsoft Word 2010 tak begitu semeriah pendahulunya, hanya ada sedikit fitur saja yang ditambahkan selain peningkatan performa. Pada Word 2010, pengguna dapat melakukan Drag n Drop heading dan menggantikan posisi kotak “Find” menjadi panel navigasi.

Microsoft Word versi ini adalah versi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang menunjang pekerjaan perkantoran yang support dengan beberapa versi sistem operasi, seperti Windows 8, Windows 7, Vista (Service Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) dan diluncurkan pada tahun 2010 seperti namanya.

Beberapa keunggulan dari Microsoft 2010, antara lain:

  • Lebih ringan dikarenakan beberapa fitura tidak penting dihilangkan
  • Tampilan grafis 3D yang lebih bagus
  • Support dengan format extensi “Open Document Format” atau .odf
  • Penyuntingan gambar yang lebih kompleks dan fleksibel
  • Dapat menyimpan format .xps dan .pdf lebih mudah dan efisien
  • Terhubung langsung dengan Windows Live, sehingga sangat mungkin untuk melakukan penyimpanan Cloud
  • Ada 2 versi yang men-support untuk sistem operasi 32 bit dan 64 bit

Menurut sumber, sejarah microsoft word 2010 dapat dilihat selama masa perilisan produk pada April 2010 dalam paket Microsoft Office 2010, bersamaan dengan perangkat lunak office lainnya seperti Excell, Powerpoint, One Note, Outlook dan lainnya. Perilisan Office 2010 merupakan penerus keberhasilan Microsoft Office 2007 mereka

Disusul produk terbaru dari Microsoft untuk Office bagi sistem Operasi Windows yang mendukung Windows 7, Windows 8 dan yaitu Office 2013. Selang beberapa tahun, versi terakhir dari Microsoft Office for Windows mendukung hingga sistem operasi Windows 10 yaitu Microsoft Office 2016.

Tak lama, muncul lagi Office 365 yang sudah termasuk 7 perangkat lunak Office serta service yang berupa OneDrive dan Skype yang tentunya membuat pekerjaan menjadi lebih ringkas. Demikian artikel dari saya, semoga dengan artikel sejarah microsoft word lengkap versi saya dapat membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas makalah sejarah microsoft word.

Tags: