Sejarah McDonald, Sebuah Bisnis Globalisasi

Sejarah McDonald adalah salah satu cerita yang dapat kita jadikan inspirasi betapa mengerikan dan kerasnya hidup. Meskipun sekeras apapun mencoba, segiat apapun mencoba, jika memang Tuhan belum berkehendak hasilnya akan sama saja. Kiranya itulah apa yang mungkin dapat saya gambarkan dari kisah sejarah McDonald ini. Namun, dari cerita hidupnya kita dapat belajar arti sesungguhnya dari “Bangkit dari keterpurukan“.

Logo McDonald SpeedeLogo McDonald Ronald
sejarah logo mcdonald speedee
Gambar sejarah logo mcdonald speedee
sejarah logo mcdonald roland
Gambar sejarah logo mcdonald roland

McDonald’s Corporation atau yang lebih mudahnya dikenali dengan “McD” atau “Mekdi” adalah sebuah usaha rumah makan siap saji paling besar di dunia. Umumnya, hidangan utama di jejeran restoran McDonald’s adalah hamburger, namun di Indonesia sendiri, masakan ayamnya lebih digemari dibandingkan dengan hamburger. Selain itu, masih banyak makanan siap saji lainnya yang bisa anda temukan disini.

Sejarah McDonald

Bisnis makanan ini dimulai sejak tahun 1940 yang diawali dengan pembukaan sebuah restoran miliki dua bersaudara itu di San Bernandino, California. Saat itu, mereka memperkenalkan sebuah sistem yang disebut “Speedee Services System (SSS)” pada tahun 1948 yang pada akhirnya seakan menjadi pedoman “prinsip dasar” di hampir tiap-tiap resotoran siap-saji modern.

sejarah mcdonald
Potret sejarah mcdonald

Maskot (semacam logo) awal dari McDonald’s bernama Speede yang memiliki penampilan seorang pria yang memiliki kepala berbentuk hamburger dengan topi koki sebagai pelengkapnya. Lalu posisinya sebagai maskot-pun harus digantikan pada tahun 1963 dengan Ronald McDonald.

Tahukah anda! Pada tahun 1965, Saham dari McDonald’s sudah mulai dijual kepada publik

Saat ini McDonald’s tidak menjadikan angka 1940 sebagai tahun kelahiran restoran mereka, mereka lebih memilih 15 Aprill 1955, sebuah hari dimana Ray Kroc membeli lisensi waralaba (semacam hak untuk menjual suatu produk maupun layanan jasa) McDonald’s dari Dick dan Mac sebagai hari lahirnya. Kemudian Kroc membeli saham dari dua bersaudara itu dan memimpin perusahaan ini dengan melebarkan sayap mereka ke seluruh dunia.

Sejarah Berdirinya McDonald

Bisnis perusahaan ini dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan “Speedee Service System” pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji modern. Maskot awal McDonald’s yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald pada tahun 1963.

Restoran McDonal’d pertama kali didirikan pada tahun 1940 oleh Dick dan Mac McDonald si dua bersaudara ini yang kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan disebarkan ke seluruh dunia. Pada tahun 2004, kekayaan McDonald’s sangatlah tinggi dengan sekitar 30.000 rumah makan siap saji di seluruh dunia dengan rata-rata 50 juta orang dan pengunjung perharinya.

Sebuah filosifi Unik

Sempat terjadi pertikaian lantaran sifat agresif Kroc yang bertentangan dengan harapan dari McDonald bersaudara. Saat itu Kroc dan McDonald bertikai dalam hal mengontrol bisnis, namun akhirnya duo bersaudara itu yang mundur meninggalkan perusahaan. Pertikaian antara Kroc maupun McDonald didukemntasikan didalam otobiografi keduanya.

sejarah berdirinya mcdonald
Ilustrasi sejarah berdirinya mcdonald

McDonald’s seakan dijadikan sebagai simbol globalisasi yang melakukan penyebaran gaya hidup orang amerika dengan expansinya keseluruh dunia secara agresif. Untuk informasi lebih lengkap mengenai perusahaan besar ini, anda bisa mencoba mengunjungi Website Official McDonald’s

“If I had a brick for every time I’ve repeated the phrase Quality, Service, Cleanliness and Value, I think I’d probably be able to bridge the Atlantic Ocean with them.” – Ray Kroc

Menurut situs resmi McDonald’s disana disebutkan bagaimana seorang Ray Kroc ingin membangun sistem restoran terkenal karena menyediakan makanan dengan kualitas tinggi dengan metode penyiapan yang beragam. Menurut mereka, Kroc seakan ingin menyajikan burger, rot, minuman dan kentang yang sama di Alaska dengan yang mereka lakukan di Alabama.

Sejarah McDonald di Indonesia

Di Indonesia, Restorant McDonald’s pertama kali didirikan dan dibuka pada 23 Februari 1991 di Sarinah, Jakarta. Berbeda dengan restoran yang ada di luar negeri, McDonald’s di Sarinah tersebut juga menjual ayam goreng dan nasi layaknya restoran lain di Indonesia. Pada 1 Oktober 2009, beberapa restoran McDonald’s berubah nama menjadi Tony Jack’s Indonesia, namun tidak semua gerai berubah.

sejarah mcdonald di indonesia
Ilustrasi sejarah mcdonald di indonesia

Kabar burung yang beredar mengatakan bahwa pada 1 Oktober 2009, beberapa restoran yang kala itu dijalankan oleh Bambang Rachkmadi berubah namanya menjadi Tony Jack’s Indonesia. Namun, keberadaan dari nama restoran ini tidak berlangsung lama. Berselang beberapa bulan kemudian, nama besar dari Tony Jack’s dikabarkan bangkrut dan kembali diambil alih oleh McDonald’s[src].

Menu yang ditawarkan oleh restoran McDonald’s berbeda-beda di tiap negaranya. Sebagai contoh kita bisa melihat McLaks yang ada di Norwegia, Maharaja Macs di India dan McAloo Tikki Burger untuk vegetarian. Dan di Indonesia kita bisa lihat berbagai menu yang belum tentu ada di negara lain, seperti Nasi. Seperti itulah sejarah McDonald Indonesia.

Artikel seputar sejarah:

Tags: