Sejarah Google Terlengkap Beserta Produknya

Sejarah Google Lengkap – Google merupakan salah satu perusahaan besar dunia yang hampir semua orang menggunakan produk buatan mereka. Mulai dari produk digital, seperti aplikasi hingga produk fisik yang canggih menjadi daya tarik dari perusahaan yang namanya menjadi tujuan nomor 1 ketika kita ingin mencari informasi tertentu.

Menurut sumber, sejarah penemu Google adalah dua orang pelajar yang sedang menghabiskan waktu mereka di Universitas Stanford di California. Dua orang tersebut bernama Larry Page dan Sergey Brin, mereka memulai mendalami studi mereka tentang Google sejak tahun 1996. Satu hal yang mengejutkan adalah fakta bahwa penemu Google memiliki pengalaman yang minim tentang bahasa yang berhubungan dengan web seperti HTML dan Markup Language, hal ini bisa kita ketahui dari tampilan Google awal yang sangat minimalis[src].

Sejarah Google

Sejarah google
Gambar tampilan awal Google

Seperti yang sudah saya sindir diatas, sejarah berdirinya Google awalnya ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Sedangkan, untuk domain dari Google sendiri didaftarkan pada September 1997. Awalnya mereka berdua ingin menamakan search engine terrsebut dengan nama “BackRub“, namun akhirnya mereka memutuskan untuk menggantinya dengan nama Google.

Nama Google sendiri merupakan kesalahan pengetikan yang seharusnya googol. Googol sebutan untuk penyebutan angka yang sangat besar yaitu 10 pangkat 100 (10100) dengan mengambil makna dimana search engine googol memang bertujuan untuk mencari informasi dalam jumlah yang skala besar. Google sendiri mulai berkembang pesat mulai dari tahun 1999, hingga akhirnya menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Adapun beberapa kategori produk yang kemajuannya beriringan lurus dengan sejarah perkembangan Google, antara lain:

Advertising

  • Di bidang periklanan Google memiliki produk yang bernama Google Adwords dan juga Google Adsense yang mengizinkan beberapa orang yang ingin meingklankan produk mereka bisa melalui Adword dengan biaya tertentu, sedangkan Google Adsense merupakan periklanan yang dimanfaatkan beberapa publisher untuk mencari uang dari produk yang mereka miliki (website, aplikasi, blog, dll)

Search engine

  • Tanpa perlu dijelaskan lebih detail, search engine merupakan sistem software yang dimanfaatkan dengan tujuan untuk menggali informasi dari data yang mencakup di WWW atau World Wide Web. Search engine memiliki kemampuan terbatas, sehingga tak semua data di Internet dapat diakses melalui Search engine biasa, beberapa informasi tersebut bahkan ada yang bersifat rahasia dan sangat dijaga kerahasiaannya.

Enterprise services

  • Enterprise services sangat cocok untuk anda yang ingin mencoba memulai sebuah bisnis berbasis online. Service ini menawarkan kepada siapapun termasuk golongan, kelompok dan organisasi untuk berlangganan bulanan untuk merasakan produk Google dan support 24/7 full support

Consumer services

  • Dari segi software, kita bisa merasakan pelayanan Google yang sangat cepat dan responsive seperti Google Play Store, Google Chrome, Android, Chrome OS dan lainnya. dari bidang Hardware kita bisa melihat dari Nexus One, sebuah hp android keluaran Google ada juga Google Home, dan Google Wifi.

Web-Based Services

  • Sebenarnya produk ini masih termasuk dalam Consumer Services, dari bidang ini tentunya kita bisa menunjuk beberapa produk andalan Google seperti, Gmail, Google Drive, Google Sheets dan masih banyak contoh lain yang tidak bisa disebutkan.

Sebenarnya masih banyak jenis produk yang tak termasuk kategori di atas dan namanya jarang didengar kita seperti halnya Google News, Google Wallet serta ada API’s yang cukup familiar bagi para programmer, dan tentunya ada Google Labs, namun sudah tidak dikembangkan lagi sejak Juli 2011


Sejarah Google Chrome

Sejarah google chrome
Ilustrasi Sejarah Google Chrome

Google Chrome yang kita kenal merupakan sebuah aplikasi dalam kategori “aplikasi browser”. Google Chrome pertama kali dirilis pada tanggal 2 September 2008 oleh Google yang saat itu hanya diperuntukkan untuk OS Microsoft Windows karena statusnya yang masih “Beta”.

Kemudian pada 11 Desember ditahun yang sama, Google Chrome akhirnya diluncurkan untuk semua sistem operasi karena suksesnya mereka keluar dari versi “Beta”. Jike ditelusuri, sejarah Google Chrome yang pertama dirilis merupakan versi 0.2.149 yang merupakan versi Beta-nya, dan versi 1.0.154 merupakan rilisan pertama yang sudah stable.

Pada bulan Januari 2012, Google Chrome diyakini telah berhasil meraih sekitar 25% dari seluruh pengguna browser di dunia, yang berarti 25 dari 100 orang yang menggunakan browser adalah pengguna Google Chrome. Hal ini merupakan sejarah Google Chrome yang sangat mengejutkan karena pada waktu itu, browser ini menduduki peringkat 2/3 dari daftar peringkat browser yang digunakan setelah Mozilla Firefox.

Sejarah Google Mail

Sejarah google mail
Ilustrasi Sejarah google mail

Google Mail atau GMail merupakan produk layanan yang dimasukkan kategori web-based service. Layanan ini menawarkan pengguna untuk saling mengirimkan pesan tanpa dikenakan biaya, selain penggunaan internet data. Gmail memiliki fitur lengkap dalam hal komunikasi basis text, karena bisa juga mengirimkan gambar dan lainnya.

Gmail awalnya diluncurkan dalam bentuk Beta pada April 2004 silam, pada waktu itu Google Mail masih bersifat private. Google Mail baru tersedia untuk publik pada februari 2007 lalu, meskipun saat itu juga masih memiliki status “Beta”. Saat ini (2017) penggunaan Google Mail akan dimasukkan kedalam Google Drive dari pemilik email yang sama dengan kapasitas total 15GB.

Dalam dashboard email, pengguna juga dapat merasakan tampilan yang user-friendly serta kemudahan untuk melakukan penyortiran email berdasarkan keinginan. Namun kita harus hati-hati, maraknya pelaku Cybercrime yang menjadikan Gmail salah satu sasaran mereka karena email sering digunakan untuk mendaftar beberapa account.

Sejarah Google Drive

Sejarah google drive
Ilustrasi Sejarah google drive

Google Drive merupakan salah satu layanan Google yang menawarkan penggunanya untuk dapat menyimpan file mereka yang dikenal dengan istilah “Backup” dalam server milik mereka. Keamanan dari sebuah file tersebut tentunya akan dijamin selama email yang digunakan masih tersimpan.

Saat ini, Google Drive telah bersingkronasi dengan layanan Google lainnya, dan untuk kapasitas penyimpananya akan diakumulasi dengan maksimal kapasitasnya 15GB. Tentunya ada beberapa fitur tambahan pada Google Drive, kita bisa membagikan file tersebut kepada oranglain, namun orang lain tidak bisa melakukan hal bebas dikarenakan hak penggunaan file masih tergantung dari pemilik email.

Bisa dibilang, Google Drive memiliki sedikit kesamaan dengan Dropbox, iCloud dan SkyDrive. Google Drive sangat bermanfaat jika anda ingin mengosongkan atau melakukan installasi ulang pada perangkat anda.

Sejarah Google Maps

Sejarah google maps
Ilustrasi Sejarah google maps

Layanan Google Maps merupakan sebuah fitur yang memberikan penggunanya kebebasan untuk melihat tampilan dari satelit, peta jalan dan panorama. Beberapa fitur tambahan seperti pengecek kondisi lalu lintas dan perencanaan rute untuk jalan juga disediakan dengan berbagai macam.

Google Maps mulai dikembangkan sejak 2004 dan diluncurkan pada Febriari 2005. Kabarnya Google Maps mendapatkan gambar yang berasal dari produk Drone mereka. Pada tahun 2005, akhirnya Google maps resmi diluncurkan.

Kelebihan dari Google Maps selanjutnya adalah mode Street Viewnya, yang bisa digunakan untuk memantau langsung kondisi pada waktu tertentu. Tentu saja tampilan street view tidak Live, tapi jika anda ingin mengetahui jalan tanpa harus “nyasar” anda harus mencoba fitur canggih ini.

Sejarah Google Plus

Sejarah google plus
Ilustrasi Sejarah google plus

Google Plus adalah salah satu pelayanan Google yang belum lama ini dikembangkan. Google Plus lebih mirip media sosial ketimbang fitur untuk pelayanan pengguna, Penggunaan Gplus semakin banyak dikarenakan adanya fitur Circle yang memudahkan orang menjalin hubungan dengan orang lain yang memiliki kesukaan yang sama.

Google Plus juga bisa digunakan untuk saling mengetahui lokasi, namun beberapa orang juga memanfaatkan fitur ini untuk tujuan yang tidak baik. Google Plus juga bisa dikaitkan dengan produk digital Google lainnya semacam Hangouts.

Sebenarnya masih banyak sejarah tentang google yang belum sempat saya jabarkan dalam ketikan artikel kali ini, tentunya kedepannya akan saya buatkan artikel tentang sejarah Google lagi. Demikian informasi tentang Sejarah Google, semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca, terimakasih.

Tags: