Sejarah Gedung Pancasila, Saksi Sejarah Nyata

Sejarah Gedung Pancasila – Gedung Pancasila merupakan gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Nama “Pancasila” ini merupakan acuan pada pidato oleh Soekarno di gedung tersebut yang pada saat itu sedang menjelaskan konsep dari Pancasila. Sebuah konsep yang akhirnya menjadi landasan Bangsa Indonesia pada 1 Juni 1945.

Sejarah berdirinya Gedung Pancasila awalnya dibangun pada tahun 1830-an dan merupakan salah satu dari banyaknya markah tanah milik kolonial pada masa penjajahan Belanda di Jakarta. Kini, Gedung Pancasila telah merupakan miliki KeMenLu Republik Indonesia

Sejarah Gedung Pancasila

Belum lama, kita mengetahui Gedung Pancasila menjadi tempat diselenggarakannya upacara dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72 pada 1 Juni 2017, dengan Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara[src].

sejarah gedung pancasila
Gambar gedung pancasila jaman dulu

Menurut literatur yang membahas sejarah tentang Gedung Pancasila mengatakan bahwa gedung ini telah berdiri dikawasan Welteveden di sebuah daerah bagian timur Medan Merdeka yang dulunya hanyalah sebidang tanah yang diakuisisi oleh Cornelis Chastelein pada 1697 di sisi timur Bovenstad.

Bangunan yang sekarang menjadi saksi bisu sejarah ini dulunya merupakan rumah kediaman seorang Panglima Perang pada masa itu yang bernama Hertog Bernhard. Bangunan ini dirancang dengan Gaya Neoklasik yang menambah kesan mewah dari gedung yang dibagun di tepi Ciliwung ini.

Awal Sejarah Gedung Pancasila Jakarta

Dulu pada waktu pemerintahan Belanda masih berkuasa di Indonesia, beberapa bangunan yang menjadi gedung pemerintahan didirikan di sekitar daerah yang sekarang dikenal sebagai Taman Pejambon (dulunya bernama Hertogspark) dan Lapangan Banteng di Jakarta. Salah satu gedung tersebut ialah gedung Volksraad (Dewan Perwakilan Rakyat) yang terletak di Jalan Pejambon 6.

Dan seperti yang sudah saya sindir di atas, Gedung Volksraad tersebut sekarang dikenal sebagai Gedung Pancasila dan telah menjadi bagian dari kompleks bangunan milik Kementrian Luar Negeri RI.

sejarah tentang gedung pancasila
Gambar gedung pancasila zaman dulu

Menurut situs Kemlu Indonesia, Tidak ada catatan pasti tentang kapan tepatnya Gedung ini mulai dibangun namun ada sebuah petunjuk di beberapa literatur sejarah yang menunjukkan bahwa pembangunannya dimulai kira-kira pada tahun 1830.

Tidak ada catatan resmi mengenai kapan tepatnya Gedung Pancasila tersebut mulai dibangun. Beberapa literatur menunjukkan bahwa pembangunannya dilaksanakan kira-kira pada tahun 1830. Gedung tersebut awalnya dibangun sebagai rumah kediaman Panglima Angkatan Perang Kerajaan Belanda di Hindia Belanda, yang juga merangkap sebagai Letnan Gubernur Jenderal.

Ringkasan Sejarah Gedung Pancasila

Pada 28 Mei 1945, upacara pembukaan BPUPK dilakukan dibekas Gedung Volksraad ini. Upacara pembukaan ini dihadiri oleh Jendral Itakagi (Panglima Wilayah ke-7) dan juga Letnan Jenderal Nagano (Panglima Tentara ke-16), dalam upacara tersebut diadakan juga acara pengibaran bendera Jepang Hinomaru dan bendera Indonesia yang dilakukan oleh Mr. A.G Pringgodigdo (Bendera Jepang) dan Toyohiko Masuda (Bendera Indonesia)

Dari tanggal 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945 juga menyelenggarakan sidang BPUPK di Gedung Pancasila yang dulu dikenal dengan sebutan Gedung Tyuuoo Sangi-In pada zaman Jepang. Sidang ini dilanjutkan pada 10 hingga 17 Juli 1945.

sejarah berdirinya gedung pancasila
Gambar gedung pancasila tempo dulu

Barisan ruang depan Gedung pancasila juga pernah ditempati oleh sekretariat Akademi Dinas Luar Negeri. Aktifitas belajar mengajar tingkat perkuliahan ilmu ekonomi juga pernah diadakan di Gedung Pancasila ini, bahkan diberikan sendiri oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta kepada mahasiswa yang ingin belajar disana. Pada 1960-an, Gedung ini juga digunakan untuk mendidik calon diplomat Indonesia melalui kursus Caraka, Atase Pers dan Subdubat I yang merupakan Kursus Dasar Umum Pejabat Dinas Luar Negeri

Pada awal 1950, Gedung yang merupakan saksi bisu berbagai peristiwa bersejarah ini diserahkan pekada Departemen Luar Negeri. Nama “Gedung Pancasila” akhirnya semakin terkenal di telinga masyarakat, pada tanggal 1 Juni 1964 di Departemen Luar Negeri diperingati sebagai hari Nasional lahirnya Pancasila yang dihadiri oleh Presiden Soekarno beserta Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Pada tahun 1957, pembangunan gedung tambahan selesai sehingga pada masa itu, kantor menlu dan Sekretaris Jendral pindah ke gedung baru. Meskipun banyak yang dipindah, Gedung Pancasila tetap digunakan sebagai kantor. Bahkan gedung pancasila masih mencatat peristiwa penting yang berhubungan dengan sejarah. Gedung pancasila juga merupakan saksi bisu menjelang pergantian Orde Lama dengan Orde baru.

Penggunaan Gedung Pancasila

ringkasan sejarah gedung pancasila
Ilustrasi sejarah gedung pancasila

Saat ini, Gedung Pancasila masih dimanfaatkan ketika mengadakan kegiatan-kegiatan Internasional seperti resepsi penghormatan kunjungan petinggi negara asing yang datang ke Indonesia, penandatangann perjanjian antar negara dan organisasi Internasional, resepsi diplomatik, pertemuan bilateral serta jamuan makan yang bersifat resmi maupun tidak resmi.

Menteri Luar Negeri juga menyambut sebagian besar tamu di Gedung Pancasila ini. Menteri juga memimpin upacara sumpah jabatan bagi para pejabat senior, konsul Jenderal atau upacara untuk mengakhiri masa jabatan juga dilakukan di gedung bersejarah ini.

Gedung Pancasila juga cukup sering digunakan sebagai tempat jamuan makan pagi (Foreign Policy Breakfast), dimana Menteri Luar Negeri mengundang para pemimpin dan tokoh dari kelompok masyarakat untuk mendiskusikan kebijakan luar negeri dan masalah-masalah Internasional. Jamuan makan ini merupakan salah satu cara mengetahui suara rakyat, karena suara rakyat adalah hal yang sama pentingnya dengan hal politik lain.


Hingga saat ini, belum ditemukan catatan resmi maupun pihak yang menyatakan dengan tegas tentang penamaan resmi dari Gedung bekas Volksraad tersebut. Namun, secara objektif terdapat sebuah fakta sejarah yang mengatakan di gedung ini para pemimpin bangsa mengambil keputusan bersejarang yang amat penting.

Pada bulan Mei, Juni dan Juli 1945, hasil kesepakatan yang menentukan dasar negara sebagai landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demikian artikel mengenai sejarah Gedung Pancasila, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kita semua.

Tags: