Sejarah Candi Ratu Boko

Sejarah Candi Ratu Boko – Situs bersejarah Ratu Baka atau yang kita kenali dengan sebutan peninggalan bersejarah Candi Ratu Boko merupakan sebuah situs purbakala yang telah menjadi kompleks yang isinya merupakan sisa-sisa dari bangunan yang berada kira-kira 3km ke arah seleatan dari situs Candi Prambanan dan 18km ke arah timur kota Yogyakarta[src].

Sejarah candi ratu boko
Ilustrasi Sejarah candi ratu boko

Peninggalan purbakala yang terletak 50km dari kota Surakarta, Jawa Tengah ini merupakan candi yang terletak persis disebuah bukit pada ketinggian 196 meterdari permukaan laut yang luas keseluruhannya mencapai 25 ha, terbayang bukan seberapa luasnya daerah tersebut.

Sejarah Candi Ratu Boko

Peninggalan purbakala ini menggambarkan sebuah tampilan atribut sebagai tempat diadakannya sebuah kegiatan atau sebuah pemukiman, namun kebenaran dari fungsi ini belum diketahui dengan jelas. Sejarah berdirinya candi ratu boko konon sudah ada bakan sejak abad ke-8 oleh masyarakat sekitar pada masa Rakai Panangkaran, Mataram Hindu.

Jika dilihat dari pole peletakan dari sisa bangunannya, diperkirakan sejarah candi ratu boko jogja ini merupakan bekas istana raja atau bekas keraton. Pendapat mengenai sejarah terjadinya candi ratu boko ini juga diperkuat dengan adanya kenyataan bahwa kompleks ini bukan merupakan candi yang bangunannya beraksitektur dengan sifat religius melainkan istana berbenteng.

Penemuan Candi Ratu Boko

Awal mula dari sejarah candi ratu boko Yogyakarta ini diketahui pertama kali dilaporkan oleh seorang asing bernama Van Boeckholzt pada tahun 1790, ia mengatakan bahwa terdapat reruntuhan di atas bukit Ratu Boko. Bukitnya sendiri merupakan cabang dari Pegunungan Sewu yang terbentang dari selatan Yogya hingga Tulungagung.

Sejarah candi ratu boko Yogyakarta
Ilustrasi Sejarah candi ratu boko Yogyakarta

Setelah laporan ini, 100 tahun kemudian barulah dilakukan penelitian yang menurut sumbernya dipimpin oleh FDK Bosch dalam laporannya Keraton van Ratoe Boko, sejak itulah bisa ditarik kesimpulan bahwa reruntuhan ini merupakan sisa dari keraton.

Salah satu bukti fisik yang ditemukan di situs Ratu Boko adalah Prasasti Abhayagiri Wihara yang bertuliskan angka 792 M. Prasasti tersebut menyebutkan seorang yang bernama Tejahpurnapane Panamkarana atau Rakai Panangkaran dan (764 – 784 M) dan mengatakan bahwa wihara tersebut dinamai Abhyagiri Wihara.

Candi Ratu Boko Jogja Unik

Selain melihat perjalanan sejarah candi ratu boko dan tulisanAbhyagiri Wihara yang berarti Wihara di bukit yang bebas dari marabahaya, Candi Ratu B oko merupakan peninggalan purba yang memiliki bentuk bangunan unik dibanding candi umumnya yang biasanya berbentuk bangunan untuk peribadatan atau keagamaan.

Sejarah candi ratu boko Jogja
Ilustrasi Sejarah candi ratu boko Jogja

Candi Ratu Boko ini merupakan sebuah kompleks yang lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, kolam pemandian, pagar pelindung, hingga tempat tinggalnya. Selain itu berbeda dengan keraton yang terdapat di Jawa, di dalam situs ini dibangun ditempat yang tinggi mengenal medan yang dilalui cukup sulit untuk keluarga kerajaan umumnya.

Kedudukannya yang kokoh berdiri di atas bukit menandakan bahwa adanya mata air dan sistem pengaturan air yang mampu menopang kebutuhan sehari-hari. Terlebih para pekerjanya yang terlatih dalam mengolah bukit batu menjadi bongkahan yang menjadi bahan bangunan yang kokoh hingga saat ini.

Menjaga Candi Ratu Boko

Terlepas dari keindahan alam yang masih terawat hingga saat ini, pastinya akan ada tangan-tangan manusia yang nakal yang sifatnya merusak. Hal ini telah diantisipasi oleh pemerintah pusat yang sekarang telah memasukkan Situs Ratu Boko ini ke dalam otoritas khusus yang bersamaan dengan pengelolaan Candi besar lain seperti Borbudur dan Candi Prambanan.

Terakhir saya lihat, terdapat sebuah bangunan tambahan di bagian muka gapura, yakni restoran dan juga ruang terbuak yang siap pakai jika seandainya akan ada kegiatan pertemuan dan sepertinya mampu menampung kapasitas hingga 500 orang.

Demikian artikel dari duniasejarah.com mengenai sejarah candi ratu boko Jogja dan semoga kedepannya kita bisa terus menghargai dan merawat peninggalan purba yang ada di Indonesia kita yang tercinta ini. Diharapkan artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, terimakasih.

Artikel seputar sejarah:

Tags: