Sejarah Baden Powell, Of Gilwell Sang Pemimpin [2017]

Sejarah Baden Powell – Baden Powel merupakan seorang Jendral British sekaligus pendiri gerakan Pramuka modern yang hingga sekarang masih kita kenal. Baden Powell telah dinobatkan sebagai pahlawan Nasional selama perang Boer pada tahun 1899 – 1900 yang ketika itu dengan pasukan kecilnya ia memerintahkan untuk melakukan “Defence of Mafeking”.

Menurut sejarah Robert Baden Powell selama perang Boer ia menulis panduan tentang ilmu Scouting atau kepramukaan yang kemudian dipublikasikan pada tahun 1903 dan menjadi buku Best-Seller. Awalnya, ia bermaksud menulis buku tersebut demi keperluan militer, setelah perang usai, ia merasa bahwa hal tersebut untuk mengajarkan para anak laki-laki tentang arti kehidupan sebenarnya.

Sejarah Baden Powell

Setelah perilisan buku tersebut, yang merupakan awal dari mulainya terbentuk sebuah gerakan pramuka. Semasa Baden-Powell masih ada, pergerakan pramuka ini adalah salah satu Organisasi Internasional yang sangat dihormati. 

sejarah baden powell lengkap
Gambar sejarah baden powell lengkap

Namun, bagaimana ia semasa hidupnya? berikut rangkuman tentang sejarah Baden Powell of Gilwell

Masa muda Baden Powell

Sosok Baden-Powell lahir disebuah kota yang bernama Paddington yang terletak di London, Inggris, pada 22 February 1857. Ayahnya adalah seorang imam disebuah gereja dan seorang professor yang mengajar di Universitas Oxford. Fakta menyedihkan Baden-Powell adalah, ayahnya meninggal saat ia masih berumur 3 tahun dan akhirnya ia tumbuh bersama saudara dan ibunya yang bernama Henrietta Grace Smyth.

Baden-Powell belajar disebuah sekolah Charterhouse dan mulai belajar tentang keterampilan dasar Pramuka dengan bermain di hutan terdekat. Selepas pulang sekolah, ia menghabiskan waktunya dengan bergabung dengan tentara Inggris saat itu sebagai perwira dan diposting di negara India. Ia bertugas di tentara Inggris, mulai dari 1876 hingga 1910.

Sejarah Baden Powel Perang Boer II 

Selama menjadi tentara, ia lebih mendalaim ilmunya tentang keterampilan pramuka yang lebih tinggi / maju, terutama saat ia berada di Afrika selatan yang membuatnya mempelajari pengetahuan tentang pedesaan yang memang sangat penting untuk mendapatkan informasi dan juga menghindar dari musuh.

Pada tahun 1884, ia menerbikan Reconnaissance and Scouting. Kemudian, pada tahun 1899 hingga May abad ke-19, dalam sejarah Baden Powell tergambarkan ketika ia memerintahkan pasukan yang berada di Mafeking saat perang Boer II. Pertahanan yang ia lakukan berlangsung selama 217 hari dan langsung mengangkat nama dari Baden Powell.

Sejarah Baden Powel Setelah Perang Boer II

Dalam buku sejarah Baden Powell, tepat pada bulan Agustus 1907, ia mengadakan perkemahan pramuka yang terdiri dari 20 anak laki-laki yang dipilih dari beragam latar belakang sosial. Mereka direncanakan akan menghabiskan waktu selama 7 hari disebuah Pulau yang bernama Brownsea dan merupakan acara yang sukses besar.

Disinlah titik permulaan dari gerakan Pramuka berkembang cepat. Sekitar tahun 1909, Diadakanlah sebuah perkumpulan Pramuka tingkat Nasional di Crystal Palace. Acara tersebut dihadiri kurang lebih 11.000 anak laki-laki yang mewakili ke-populeran sebuah gerakan pramuka saat itu.

Dalam perkumpulan tersebut juga terlihat beberapa anak perempuan yang ingin mengikuti gerakan pramuka. Hal inilah yang menyebabkan tumbuhnya organisasi pararel gerakan kepramukaan pada tahun 1910, The Girl Guides, yang dijalankan oleh adik perempuannya yang bernama Agnes Baden-Powell.

Gerakan Kepramukaan

sejarah baden powell of gilwell
Gambar sejarah baden powell of gilwell

Setelah anda membaca tentang sejarah adanya kepramukaan di atas tadi, tentunya anda menyadari betapa besarnya pramuka dalam sejarah Baden Powell di atas. Gerakan Pramuka lalu menjadi sebuah Organisasi Internasional dengan kelompok-kelompok kecilnya yang terbentuk dan berkembang diseluruh dunia.

Sangat disayangkan memang, dengan timbulnya perang dunia pertama mau tidak mau menghancurkan (sementara) perasaan para anggota kepramukaan Internasional saat itu, meski banyak mantan pramuka digunakan demi kepentingan perang dunia.

Pada tahun 1920, 2 tahun setelah perang dunia berakhir. Konvensi kepramukaan Internasional Pramuka diadakan di London dan disaat bersamaan, Baden-Powell di umumkan sebagai Chief Scout atau pemimpin pasukan saat itu.

Sejarah Baden Powell Pensiun

sejarah baden powell
Gambar sejarah baden powell

Setelah kejayaan masa hidupnya, ia memutuskan untuk pensiun dari dunia gerakan kepramukaan pada tahun 1937, dalam surat terakhirnya ia menulis kepada para anggota kepramukaan:

I have had a most happy life and I want each one of you to have a happy life too. I believe that God put us in this jolly world to be happy and enjoy life. Happiness does not come from being rich, nor merely being successful in your career, nor by self-indulgence.Lord Baden Powell

yang artinya:

Saya memiliki kehidupan yang sangat bahagia dan saya menginginkan masing-masing dari Anda untuk memiliki kehidupan yang bahagia juga. Saya percaya bahwa Tuhan menempatkan kita di dunia yang menyenangkan ini untuk bahagia dan menikmati hidup. Kebahagiaan tidak datang dengan menjadi kaya, atau-pun menjadi sukses dalam karir atau dengan memanjakan diri.Baden Powell

Baden Powell melihat para anggota sebaga perantara untuk menyebarkan ilmu seutuhnya kepada generasi penerus, memberikan mereka sebuah tujuan hidup, tugas, rasa patriotisme, dan keahlian untuk bekerja sama. Powell juga sering menuliskan pemikirannya dalam pendidikan dan perannya dalam Gerakan Kepramukaan

Setelah pensiuan, pada tahun 1938 ia kembali ke afrika dimana ia tinggal di Kota Nyeri, Kenya. Tanngal 8 January 1941 merupakan tanggal sejarah Baden Powell meninggal. Ia dimakamkan di kota yang sama (Nyeri) dihadapkan Gunung Kenya. Pada batu Nisannya, tertulis “Robert Baden-Powell, Chief Scout of The World” yang berarti “Robert Baden-Powell, Kepala gerakan Pramuka dunia”


Demikian artikel tentang sejarah Baden Powell lengkap versi duniasejarah.com, semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca yang mencari referensi terkait dengan sejarah baden powell. Marilah bersama kita lebih mengenali tentang dunia sejarah

Tags: