Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli [Referensi 2017]

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli – Sejarah merupakan hal dasar yang sebenarnya ada disekitar kita tanpa dan akan kita ketahui tanpa harus kita pelajari terlebih dulu. Sejatinya, sejarah merupakan hal yang sangat mudah untuk mempengaruhi seseorang dalam kehidupan yang ia jalani saat ini, ataupun kedepannya.

Disclaimer: Gambar tokoh yang saya gunakan diambil dari berbagai macam sumber seperti wikipedia dan google images

pengertian sejarah menurut para ahli
Ilustrasi pengertian sejarah menurut para ahli via IASPaper

Mempelajari sejarah, berarti mempelajari peradaban dan cikal bakal manusia. Mempelajari sejarah juga berarti mengizinkan diri kita untuk mengetahui hal-hal dan peristiwa baik itu penting ataupun hal tidak penting yang kita anggap penting dan telah terjadi di masa lalu

Dalam mempelajari ilmu sejarah, kita juga dapat mengetahui penyebab dari perjalanan dunia yang saat ini kita tempati, oleh sebab itulah bagi saya pribadi, mempelajari sejarah merupakan hal yang sangat penting terlebih kita akan membahas beberapa pengertian sejarah menurut para ahli.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Sebelum kita mengenali sejarah dan memahami pengertian sejarah menurut parah ahli ada baiknya untuk kita mengubah mindset kita terhadap pendapat diri kita sendiri tentang apa itu sejarah? Bakilah, berikut ini beberapa apa itu arti sejarah menurut para ahli

1. Joseph Banks

pengertian sejarah menurut j banks
Joseph Banks via wikipedia

Sir Joseph Banks, 1st Baronet atau yang dikenal dalam buku sejarah kita J. Banks, berpendapat bahwa dengan adanya sejarah, para siswa dapat mengetahui dan memahami perilaku manusia pada masa lalu, masa “saat ini” dan masa yang akan datang.

Semua kejadian yang terjadi dimaksudkan dalam sebuah pendapat tersebut adalah kejadian yang berkaitan dengan manusia, memahami bagaimana perilaku mereka dalam kejadian / peristiwa tersebut.

2. Robin William Winks

pengertian sejarah menurut robin w winks
Robin w winks via wikipedia

Sejarah bidang ilmu studi yang mempelajari manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Robin W. Winks juga penulis dari buku yang berjudul Malaysia: Selected Historical Readings.

3. Thomas Carlyle

pengertian sejarah menurut thomas carlyle
thomas carlyle via wikipedia

Carlyle memiliki pendapat, bahwa sejarah adalah peristiwa masa lalu yang mempelajari tentang biografi beberapa orang terkenal. Menurutnya, mereka itu merupakan penyelamat pada zaman itu, bisa dibilang juga mereka merupakan orang besar yang dicatat sebagai penentu dasar sejarah.

“No pressure, no diamonds” adalah salah satu kata kutipan dari Thoams Carlyle yang sampai saat ini masih diingat oleh mereka yang menganggap diri mereka murid dari Carlyle.

4. Herodotus

pengertian sejarah menurut herodotus
herodotus via wikipedia

Herodotus adalah ahli sejarah pertama dan juga pemilik dari gelar “Father of History” hingga saat ini. Ia memiliki pendapat, bahwa sejarah adalah ilmu yang tidak melulu berkembang menuju arah depan dengan tujuan yang jelas, melainkan bergerak seperti linkaran yang tinggi ataupun rendahnya diakibatkan oleh kondisi manusia.

5. Aristoteles

pengertian sejarah menurut aristoteles
aristoteles via wikipedia

Dalam dunia barat, namanya lebih dikenal dengan sebutan Aristotle. Ia adalah murid dari Plato sekaligus guru dari Alexander the Great. Pengertian sejarah menurut Aristoteles didefiniskan sebagai satu sistem yang meneliti sebuah kejadian sejak awal dan kejadian tersebut tersusun dalam bentuk kronologi

Di masa yang sama, ia juga mengartikan bahwa sejarah adalah beberapa peristiwa masa lalu yang memiliki catatan atau rekaman – rekaman atau bukti yang benar adanya atau konkrit.

6. W. H Walsh / William Henry Walsh

pengertian sejarah menurut w h walsh
w. h. walsh via wikipedia

Ia adalah seorang Profesor logika dan Metafisika yang pernah mengajar di University of Edinburgh. Ia berpendapat bahwa sejarah berpaku atau menitikberatkan pada pencatatan yang memiliki arti dan memang penting bagi umat manusia.

Catatan itu juga dapat meliputi berbagai macam jenis tindakat dan pengalaman dari umat manusia pada masa tersebut dengan berbagai macam hal penting, sehingga akhirnya terjadi sebuah cerita yang berarti.

7. Robert Vincent Daniels / Robert V. Daniels

pengertian sejarah menurut robert v daniels
Robert v daniels via wikipedia

Ia adalah seorang sejarawan Amerika dan juga pengajar spesialis dalam sejarah Uni Soviet. Sejarah menurut Robert V. Daniels digambarkan sebagai sebuah kenangan dari masa lampau. Sejarah disini, dimaksudkan sebagai sejarah manusia.

Manusia adalah para pelaku sejarah, mereka mempunyai kemampuan dalam menerima berbagai kejadian yang terjadi. Hasil dari tangkapan tersebut nantinya akan menjadi ingatan dalam individu tersebut. Ingatan itulah yang menjadi sumber sejarah.

8. Robin George Collingwood / R. G. Collingwood

pengertian sejarah menurut r g collingwood
r g collingwood via wikipedia

Dalam dunia sejarah, Collingwood dikenal sebagai seorang filsuf Inggris, Sejarawan dan juga Arkeolog. Ia juga cukup terkenal dengan salah satu karyanya, yaitu The Principe of Art dan The Idea of History.

Pengertian sejarah menurut R. G. Collingwood adalah sebuah bentuk dari penelusuran / penyelidikan tentang berbagai hal yang pernah dilakukan oleh para manusia pada masa yang lampau.

9. Charles Harding Firth

pengertian sejarah menurut charles harding firth
charles harding firth via wikipedia

Charles Harding Firth atau Sir Charles Harding Firth adalah seorang sejarawan Inggris. Pengertian sejarah menurutnya adalah, sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan pada masyarakat yang terus-menerus, merekam ide yang membatasi aksi-aski masyarakat, serta merekam kondisi-kondisi yang telah membantu atau menghalangi perkembangannya

10. Leopold Von Ranke

pengertian sejarah menurut leopold von ranke
leopold von ranke via wikipedia

Leopold Von Ranke adalah seorang sejarawan Jerman dan juga penemu dari sejarah berbasis sumber modern. Sejarah menurut Leopold Von Ranke adalah apa yang sungguh-sungguh atau benar-benar terjadi.


Seperti yang telah kita baca bersama pengertian sejarah menurut beberapa ahli di atas, dapat kita sedikit gambarkan bahwa sejarah tentunya adalah sebuah kejadian yang telah berlalu dan tak mungkin bisa kita ulang. Sekalipun kita coba untuk mengulang, tetap saja akan terasa berbeda.

Waktu adalah satu-satunya obat yang dapat mengobati segala macam penyakit yang menyerang perasaan atau pikiran kita, seringkali kita menyepelekan waktu hingga akhirnya waktulah yang seakan menyepelekan kita disaat kita membutuhkannya, mungkin seperti itulah yang bisa saya tangkap dari pengertian sejarah menurut para ahli di atas

Sejarah Menurut Para Ahli Indonesia

Sebenarnya masih banyak tokoh yang tidak sempat saya jabarkan di atas, dan jika kalian belum puas dengan beberapa pengertian sejarah menurut para ahli di dunia barusan, duniasejarah.com tentunya memiliki informasi lebih terutama untuk kamu yang sedang mengerjakan makalah pengertian sejarah menurut para ahli Indonesia dan berikut selengkapnya

1. Mohammad Yamin

pengertian sejarah menurut moh yamin
moh yamin via wikipedia

Mohammad Yamin dikenal sebagai seorang yang dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia. Beliau juga seorang sejarawan, budayawan, politikus, sastrawan, serta ahli hukum yang diakui namanya.

Menurut Mohammad Yamin, pengertian sejarah adalah sebuah ilmu pengetahuan yang disusun dari/atas penyelidikan beberapa peristiwa yang peristiwa tersebut dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

2. Mohammad Hatta

pengertian sejarah menurut moh hatta
moh hatta via wikipedia

Beliau dalah seorang tokoh pejuang, ekonom, negarawan dan tentunya Wakil Presiden Indonesia pertama yang sekaligus memerankan posisi pentung saat itu untuk memerdekakan bangsa Indonesia.

Sejarah menurut Mohammad hatta, sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lalu/lampau. Sejarah bukan hanya sekedar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lampau sebagai masalah.

Sejarah tidak sekedar kejadian di masa lalu, tetapi juga pemahaman masa lalu yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisikan problematik pelajaran untuk manusia (generasi) berikutnya.

3. Taufik Abdullah

pengertian sejarah menurut taufik abdullah
taufik abdullah via wikipedia

Beliau adalah seorang sejarawan Indonesia yang juga pernah menduduki posisi sebagai Ketua LIPI untuk periode 2000 s/d 2002. Sejarah menurut Taufik Abdullah adalah, tindakan manusia yang dilakukan dalam batas waktu tertentu pada masa lampau (telah berlalu) di tempat tertentu.

4. Rochmawati Wiriatmaja

Pengertian sejarah menurut Rochmawati Wiriatmaja adalah sebuah disiplin ilmu yang menjanjikan kebijaksanan, kultural, nilai spritual, etika, dan moral, karena kajiannya yang bersifat memberikan sebuah pedoman pada keseimbangan hidup, keteladanan dalam hal keberhasilan dan kegagalan, harmoni dalam nilai-nilai, serta menjadi cerminan pengalaman kolektif yang dapat menjadi sebuah kompas demi untuk kehidupan yang akan datang.

5. Roeslan Abdulgani

pengertian sejarah menurut roeslan abdulgani
roeslan abdulgani via wikipedia

Roeslan adalah seorang negarawan dan politikus Indonesia, sejarah menurut Roeslan Abdulgani adalah ilmu yang mempelajari dan meneliti secara sistematis seluruh perkembangan manusia pada masa lalu beserta berbagai kejadian dengan maksud untuk nantinya dinilai dengan kritis seluruh hasil penelitan tersebut, kemudian dijadikan sebagai perbendaharaan pedoman untuk penentuan serta penilaian akan keadaan saat ini dan arah proses bagi masa yang akan datang

6. Ismaun

Sejarah menurut Ismaun adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari kisah tentagn berbagai peristiwa yang benar pernah terjadi (konkrit) atau berlangsung di masa lampau. Sejarah adalah rekaman atau catatan pilihan (ditentukan) yang disusun secara teliti mengenai aspek kehidupan manusia pada masa itu (lampau)

Jika berbicara tentang definisi sejarah menurut para ahli tentunya tak ada habisnya, akan ada pengertian-pengertian lain yang memang baik dalam mempelajari sejarah. Dengan belajar sejarah juga kita dapat mengetahui dan memahami hal-hal yang menjadi sebab akibat masa yang lalu dan sekarang.

Demikian, artikel tentang pengertian sejarah menurut beberapa ahli dari duniasejarah.com dan tentunya semoga bermanfaat bagi teman-teman yang mencari referensi untuk tugas sekolahnya, terimakasih.

Tags: