Sejarah Terciptanya Piagam Magna Charta

Sejarah terciptanya piagam Magna Charta – Piagam Magna Charta / Magna Carta merupakan serapan dari bahasa latin untuk Piagam Besar atau Piagam Agung. Piagam ini merupakan piagam yang dikeluarkan di Inggris pada tahun 1215 tepatnya tanggal 15 Juni yang dimana piagam tersebut membatasi Monarki Inggris sejak masa Raja John dari kekuasaan yang absolut[src].

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai sejarah terciptanya piagam Magna Charta, teman-teman bisa melihatnya dalam artikel ini, selamat membaca.

Sejarah Terciptanya Piagam Magna Charta

Piagam yang kita kenal dengan sebutan Magna Charta atau Magna Carta ini merupakan hasil dari perselisihan antara Paus, Raja John dan juga Baronnya atas hak-hak Raja, pada masa itu. Singkatnya, Magna Carta mengharuskan raja untuk membatalkan sejumlah hak dan juga menghargai beberapa prosedur yang legal.

Sejarah terciptanya piagam Magna Charta
Gambar Sejarah terciptanya piagam Magna Charta

Selain itu, Magna Carta juga mengharuskan raja untuk menerima, bahwa keinginan Raja dapat dibatasi oleh hukum yang berlaku (tidak sewenang-wenang). Magna Charta, merupakan langkah awal dalam proses sejarah yang sangat panjang menuju pembuatan hukum konstitusional.

Asal Usul dari Magna Charta

HAM atau Hak Asasi Manusia, yang selalu dieluh-eluhkan di tiap negara, memiliki sejarah perkembangan yang sangat panjang dan rumit. Magna Charta atau “Piagam Agung” inilah salah satu jenis dari pondasi HAM tersebut, Magna Charta merupakan piagam yang ditandatangani oleh Raja John yang “menurut sejarahnya” dipaksakan.

Raja John pada saat itu bertatap muka dengan para penentangnya yaitu beberapa Baron (pemilik hak tanah) yang pada saat itu merasa kecewa atas tindakan raja yang semaunya sendiri. Para baron ini memiliki peran yang sangat besar pada kerajaan, mereka menuntut agar raja untuk memberikan hak tertentu yang harus ditaati .

Jika dilihat sesuai dengan urutan sejarahnya, peristiwa ini akhirnya menghasilkan kesepakatan bersama yang disebut dengan Magna Charta yang secara bersamaan menimbulkan pertanyaan besar, yaitu

  • Siapa yang memberontak Raja John
  • Kenapa mereka memberontak Raja John
  • Kapan dan Dimana Peristiwa ini terjadi
  • Hasil kesepakatan dalam Piagam Magna Charta

Tentunya hal tersebut akan saya sindir dalam artikel ini.

Peristiwa Magna Charta

Pada 6 April 1199, Raja John naik tahta sampai hari kematiannya, ia menjadi raja setelah penguasa kala itu (Richard the Lion Heart) meninggal dan Raja John merupakan adik dari Raja Richard. Raja John saat itu mendapatkan panggilan “Lackland” yang berarti Pedang yang Halus.

Pemerintahannya merupakan masa-masa kelam dalam sejarah kepemerintahan Inggris, dimlai dari banyaknya kekalahan perang, sifatnya yang tidak setia, hingga perebutan wilayah Normandia oleh raja Philippe dari Perancis dalam 5 tahun pertama dalam masa kepemimpinannya.

Awal Mula Konflik

Raja John pada saat itu membuat Inggris harus berurusan dengan Paus pada saat konflik dengan gereja Katholik Roma pada tahun 1213. Raja John menentang Paus II yang saat itu menolak untuk mengakui bahwa Stephen Langton sebagai Uskup Agung Canterbury. Penentangannya Raja John membuat gereja mengucilkan sang raja.

Melihat reaksi ini, Raja John akhirnya setuju untuk menyerahkan kerajaannya, Inggris dan Irlandia kepada Sri Paus. Berselang waktu, Sri Paus kemudian mengembalikan seluruh kekuasaannya kembali kepada raja John dengan syarat ia harus taat dan patuh pada gereja dan terus membayar upeti tiap tahunnya. Peristiwa inilah yang menandai bahwa Raja John akhirnya merupakan bawahan Sri Paus.

Situasi yang Suram

Dengan adanya aturan untuk Raja John membayar upeti tiap tahunnya, selama 17 tahun lama masa pemerintahannya, Raja John mengambil langkah untuk menambahkan pajak ekstra pada baron (pemilik tanah) sebanyak 11 kali. Masyarakat yang juga telah memandang raja John tidak dapat dipercaya lagi semenjak masalahnya dengan gereja tersebut muncul.

Seiring berjalannya waktu, muncullah beberapa pemberontakan mulai dari bagian utara negeri yang tidak mau atau berhenti membayar pajak. Baron beranggapan bahwa aturan tersebut lebih buruk daripada raja Richard I dan Raja Hendri. Para Baron bersatu dan menuju London untuk memberontak. Pada Senin, 15 Juni 1215, baron dapat bertemu raja dan akhirnya memaksanya untuk menandatangani Magna Charta.

Hasil Dari Magna Charta

Sejarah terciptanya piagam Magna Charta tak berhenti disitu, Raja John telah menyiapkan dokumen yang didalamnya berisi 49 buah tuntutan, yang kemudian terus bertambah menjadi 63 butir kemudian harinya dan ditetapkan kembali pada 1217. Kemudian, 63 butir tersebut terbagi menjadi 9 kelompok yang tiap-tiap butirnya berisi keluhan para Baron.

Gambar Sejarah terciptanya piagam Magna Charta
Gambar Sejarah terciptanya piagam Magna Charta

Dalam butiran ke-39 membahas dasar kemerdakaan rakyat sipil Inggris, berbunyi:

Dalam butiran lainnya juga menyebutkan bahwa penguasa tidak dibolehkan menggunakan para Sheriff ataupun Polisi Daerah untuk mengambil barang yang dimiliki para baron. Jika seorang baron meninggal tanpa ada surat wasiat, barang yang dimilikinya akan dikembalikan kepada keluarga dan teman dekatnya dibawah pengawasan gereja.

Inti dari Magna Charta

Magna Charta menjelaskan bahwa raja (pada saat itu, Raja John) harus berjanji untuk menghormati hak dari penduduk, menghormati kemerdekaan & kebebasan gereja. Demikian juga berlaku untuk para Sheriff dan Polisi Daerah yang tidak boleh untuk menuntut siapapun tanpa adanya bukti dan saksi yang sah sesuai aturan yang berlaku.

Hak atas kepemilikian tanah, barang dan benda apapun dijunjung tinggi dan harus dihormati. Kekuasaan dari seorang Raja tidak boleh sewenang-wenang dan terbatas oleh hukum. HAM memiliki kedudukan lebih penting dibandingkan kedaulatan hukum ataupun kedudukan seorang raja. Akhirnya, Magna Charta telah dianggap sebagai lambang perjuangan HAM

Demikian artikel tentang sejarah terciptanya piagam Magna Charta dari duniasejarah.com dan semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca, terimakasih.

Artikel seputar sejarah:
Baca Juga:  Sejarah Klasifikasi Makhluk Hidup

Originally posted 2018-02-13 02:45:49.

Tags: