Sejarah Hip Hop

Sejarah hip hop atau yang kita kenali dengan nama musik rap, merupakan salah satu dari genre musik yang asal mulanya ditemukan di Amerik Serikat pada sekitar tahun 1970-an. Apa yang melibatkan teknik rap adalah cara berbicara dengan suara yang memiliki irama ritmis yang disertai dengan musik ritmis sebagai latarnya.

Teknik ini lalu berkembang tiap tahunnya dan kemudian berkembang sebagai bagian dari hip hop, salah satu cabang baru kebudayaan yang memiliki 4 unsur kunci: MCing/Rapping, BreakDancing, Graffity Writting dan DJing/scratching[src]

Sejarah Hip Hop

Awal mula munculnya Hip Hop dimulai di kota New York tepatnya The Bronx dan terus berkembang hingga seperti yang bisa kita lihat sekarang. Hampir di seluruh dunia sudah mengenal musik Hip Hop. Sejarah hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika yang pada saat itu dikenal dengan panggilan Grandmaster Flash dan The Furious Five.

Sejarah hip hop
Gambar Sejarah hip hop

Tahun 1520. Sedwick Avenue merupakan saksi bisu sebagai tempat awal lahirnya komunitas HipHop, berlokasi di kawasan New York. Clive Campbell, salah seorang yang rela salah satu lantai rumahnya menjadi basecamp dari komunitas ini berkata “Kebudayaan Hip Hop berawal dari sini, Disinilah kami berasal karena kami memang tidak memiliki tempat lain untuk bertemu” dan

Selain Clive Campbell, adapula DJ Kool Herc yang memperkenalkan tentang turnable di sebuah pesta pada tahun 1973. Di awal penampilannya, DJ Kool Herc membawakan macam-macam lagu dari James Brown, Babe Rooth dan Jimmy Castor. Herc pula juga yang akhirnya mengenalkan beberapa bunyian aneh. Namun suara tersebut sangat luar biasa pada waktu itu.

Sejarah Hip Hop Rap

Musik Hip Hop dirasa kurang lengkap tanpa adanya MC. Disinlah seorang bernama Melle Mel melihat celah, akhirnya nama Melle Mel yang menjadi MC pertama dalam sejarah perkembangan musik hip hop, meskipun pada awalnya ia bingung harus berbicara apa pada penampilan pertamanya.

Kebosanannya terhadap aturan-aturan dari pemerintah yang bersifat mengekang itulah yang akhirnya membuat ia menyuarakan kebenciannya pada pemerintah dan pandagannya mengenai kehidupan dan dituangkan dalam lirik-liriknya. Disini, mulai-lah era dimana musik HipHop lebih banyak menceritakan kehidupan masyarakat.

Menurut sejarah musik hip hop dunia yang sedang kita bahas ini, lirik yang sering didengar dari musik hip hop keras dan tegas. Hip hop sebagai kebudayaan semakin diperjelas pada tahun 1983 oleh Black Spades.

Sejarah Hip Hop Dance Musik

Sejarah musik hip hop yang dilanjutkan oleh Black Spades terus mengikuti arus waktu, mereka yang waktu itu merupakan anggota dari The Soulsonic Force dan Afrika Bambaataa membuat sebuah lagu yang berjudul Planet Rock. Lagu ini cukup menarik karena ada perpaduan antara musik Rap dan musik disko.

Planet Rock merupakan sebuah mahakarya sedarhana yang memiliki unsur perpaduan antara musik rap sederhana dengan irama musik disko. Pada tahun 1985 Run DMC, LL Cool J, Herbie Hancock dan The Fat Boys berulah dengan teknologi stereo dan mengeluarkan album-album andalannya sehingga berhasil menjadi legenda musik hingga saat ini

Sejarah Musik Hip Hop Tiap Tahun

Layaknya sebuah trend lainnya, hip hop memiliki era jayanya dan pada tahun-tahun tersebut juga memiliki sebutannya masing masing.

Golden Age Hip Hop (1986 – 1992)

Masa keemasan dari era musik Hip hop ini sudah dimulai ketika Run DMC mengeluarkan album bernama Raising Hell pada kisaran tahun 1986 dan diakhiri dengan G-Funk yang muncul pada 1992. Di era ini lebih banyak didominasi oleh musisi yang bermarkas di New York City .

Modern Era (1992 – 1998)

Beberapa nama seperti Mobb Deep, Tupac Shakur, NWA adalah contoh beberapa yang cukup sukses melahirkan nuansa gangsta rap yang menggunakan irama musik dan menggunakan beat-beat yang cukup kencang. Hingga pada awal 1992, gangsta rap ini mulai menjadi sebuah musik yang sangat umum (mainstream).

Munculnya The Crhonic’s yang digunakan Dr. Dre sebagai album yang muncul dengan gaya baru dan menjadi dikenal dengan sebutan G-Funk. Dominasi inilah yang sering muncul pada musik tahun 70-an yang menjadi akhir dari identitas musik West Coast Hip Hop.

Jiggy Era (1998 – Saat ini)

OutKast, Cash Money Records, No Limit merupakan nama-nama merupakan bagian dari era yang cukup terkenal dengan genre musik mereka sendiri. Merekalah yang ikut mempopulerkan berbagai jenis musik mereka dan timbullah istilah Jiggy.

Demikian artikel dari duniasejarah.com dan semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Sejarah hip hop merupakan salah satu sejarah yang cukup panjang hingga akhirnya kita bisa menikmati musik jenis ini di era modern seperti saat ini, sekian dan terimakasih.

Baca Juga:  Sejarah Tari Remo
Tags: