Sejarah Candi Gedong Songo

Sejarah Candi Gedong Songo – Candi merupakan salah satu dari berbagai macam banyaknya peninggalan yang masih bisa kita lihat hingga saat ini, mulai dari artefak yang masih utuh hingga isinya maupun reruntuhan yang masih bisa kita rasakan kentalnya aura yang tercipta dari batu-batu yang telah puluhan tahun menjadi saksi bisu berjalannya waktu[src].

Salah satu dari banyaknya candi di Indonesia adalah Candi Gedong Songo. Ya! Tak hanya Lawang Sewu, ternyata di Semarang masih ada sebuah komplek bangunan candi hasil dari peninggalan kebudayaan hindu yang terletak di desa Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang yaitu Candi Gedong Songo. Untuk lebih tepatnya kita harus mencapat lereng Gunung Ungaran terleih dulu.

Sejarah Candi Gedong Songo

Sesuai namanya (songo), di sekitar kompleks candi ini terdapat 9 buah candi yang bisa kita lihat satu persatu bentuk fisiknya, jikalau candinya masih utuh berdiri sejak artikel ini saya buat. Candi yang merupakan peninggalan budaya hindu abad ke-9 ini diyakini pertama kali ditemukan oleh seorang yang bernama Raffles pada tahun 1804.

sejarah candi gedong songo
Ilustrasi sejarah candi gedong songo

Untuk menjawab rasa penasaran saya-pun akhirnya saya menelusuri berbagai sumber dan membuat artikel tentang sejarah candi gedong songo Semarang ini. Sempat bingung karena ternyata banyak juga artikel tentang sejarah candi gedong songo dalam bahasa Inggris, tapi akhirnya masalah tersebut terselesaikan dengan bantuan google transalte.

Informasi Candi Gedong Songo

Jika kita melihat secara detail dan merasakan suasana yang ada disana, Candi ini memiliki beberapa kesamaan dengan kompleks candi yang ada di Dieng, Wonosobo. Terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut yang membuat suhunya tidak terlalu panas dan sejuk meskipun untuk daerah Semarang yang terkesan panasnya.

Selain dari letaknya, ke-9 candi yang ada di Lereng Gunung Ungaran ini juga tersebar dengan masing-masing pemandangan yang indah. Candi yang sekarang menjadi salah satu objek wisata itu-pun telah dilengkapi dengan pemandian air panas dan juga mata air yang mengandung belerang, wisata berkuda, serta area perkemahan.

Jarak Tempuh Candi Gedong Songo

Teruntuk kalian para teman-teman traveler ada sedikit informasi tambahan yang mungkin bermanfaat bagi kalian, jika menempuh perjalanan langsung dari Kota Ambarawa, mungkin kalian akan menghabiskan waktu sekitar 40 hingga 60 menit tergantung kondisi jalanan. Berikut informasi lengkapnya

  • Ungaran – Gedong Songo : 25 km
  • Ambarawa – Gedong Songo: 15 km
  • Semarang – Gedong Songo : 45 km

Berhati-hatilah juga karena medan yang kalian tempuh cukup berbahaya mulai dari jalanan yang naik hingga kemiringan yang mencapai 40 derajat, jadi tetap tenang dan fokus. Jika kalian berada di objek wisata Bandungan, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mengunjungi komplek candi ini, adapun tiket masuk yang harus dibayarkan cukup murah, yaitu Rp. 7000.

Sejarah Berdirinya Candi Gedong Songo

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya dan setelah membaca beberapa literatur. Candi Gedong Songo ditemukan oleh Raffles, dan pada awal masa ditemukannya hanya terdapat tujuh candi hingga kemudian ada penelitian lanjut dari para peneliti Belanda yang kemudian menjadi 9 candi.

Sejarah candi gedong songo lengkap
Sejarah Candi Pitu menjadi Candi Songo

Dalam kompleks candi Gedong Songo ini tiap-tiap ke-9 bangunan memiliki ukurang serta bentuk yang berbeda-beda. Jika dilihat berdasarkan asal-usulnya, Candi ini merupakan salah satu dari peninggalan zaman Wangsa Sangjaya, yakni sekitar abad ke-9.

Candi ini diyakini dibangun pada masa kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno saat putera Sanjaya berkuasa. Tujuan dari pembangunan candi ini kemungkinan sebagai tempat pemujaan jika dilihat dari bentuknya karena terdapat beberapa patung dewa yang dibangun di kompleks candi ini.

Adapaun dewa-dewa yang digambarkan pada patung ini, antara lain

  • Siwa Mahakala
  • Siwa Mahaguru
  • Siwa Mahadewa
  • Durgamahesa Suramardhani
  • Ganesya

Selain itu ada juga Yoni dan Lingga yang menjadi kunci salah satu ciri dari candi Hindu yang ada di Indonesia.

Sejarah Candi Gedong Songo Bandungan

Beberapa orang lebih mengenal candi ini dengan sebutan Gedong Songo Bandungan. Pada awalnya, Sir Thomas Stamford Raffles yang namanya cukup dikenal dalam buku sejarah kita, menemukan 7 buah bangunan candi yang pada saat itu ia menyebutnya dengan Candi Gedong Pitu yang berarti 7

Kemudian pada tahun 1908 hingga 1911 seorang arkeolog Belanda bernama Van Stein Callenfels melakukan penelitian kembali disekitar lokasi candi ini dan menemukan 2 bangunan candi lainnya sehingga candi ini menjadi 9 bangunan dan berubah nama menjadi Gedong Sanga atau Gedong Songo yang berarti 9

Demikian artikel tentang sejarah candi gedong songo lengkap versi duniasejarah.com semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua, terimakasih.

Baca Juga:  Tempat Bersejarah di Jakarta
Tags: